Sambutan Dekan

Selamat Datang di Fakultas Teknik
Universitas Tarumanagara

Marilah kita mengucapkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Pengasih, yang telah memberikan berkat dan hikmat sehingga kita semua diberi kesehatan dan kebahagiaan sampai dengan hari ini.

Fakultas Teknik – Universitas Tarumanagara berdiri pada tahun 1962, saat sekarang mempunyai 3 Jurusan dengan 10 Program Studi; 6 Prodi Sarjana, 3 Prodi Magister, dan 1 Prodi Doktoral. Jurusan Arsitektur dan Perencanaan menaungi Program Studi Sarjana Arsitektur, Sarjana Perencanaan Wilayah & Kota (PWK), Magister Arsitektur, dan Magister Perencanaan Wilayah & Kota (PWK). Jurusan Teknik Sipil menaungi Program Studi Sarjana, Magister, dan Doktoral Teknik Sipil. Jurusan Teknologi Industri menaungi Program Studi Sarjana Teknik Mesin, Sarjana Teknik Elektro, dan Sarjana Teknik Industri. Seluruh Program Studi di lingkungan Fakultas Teknik telah terakreditasi oleh BAN-PT, 3 Prodi Sarjana dan 1 Prodi Magister berakreditasi A, sedangkan 3 Prodi Sarjana, 2 Prodi Magister, dan 1 Prodi Doktoral berakreditasi B. Seluruh Program Studi Sarjana dan Magister Arsitektur telah mendapatkan sertifikasi ISO 9001-2015, dan menyusul untuk Prodi Magister PWK, Magister Teknik Sipil, dan Doktoral untuk ikut mengejar sertifikasi setelah bergabung kedalam Fakultas Teknik pada tahun 2018.

Disamping pencapaian tersebut, Fakultas Teknik juga telah banyak memberikan kontribusi terhadap kemajuan bangsa dengan mengikuti berbagai macam kompetisi dan kegiatan-kegiatan yang melibatkan dosen dan mahasiswanya, baik itu dalam bidang penelitian, pengabdian pada masyarakat (Abdimas), dan kemahasiswaan. Berbagai macam penghargaan ditingkat nasional maupun internasional telah didapatkan, yang menunjukkan prestasi dan kompetensi para dosen dan mahasiswanya. Hal ini perlu dipertahankan dan ditingkatkan guna mencapai Visi dan Misi yang telah dicanangkan oleh institusi dan Fakultas Teknik.

Pengembangan, peningkatan jenjang akademik, dan sertifikasi dosen juga perlu direncanakan dan ditingkatkan dengan seksama mengingat perkembangan dunia pendidikan dan teknologi yang semakin maju. Dengan semakin majunya teknologi saat ini kita dituntut untuk menjadi sumber daya manusia yang kreatif dan inovatif serta menjadi individu yang berjiwa entrepreneur, sesuai dengan visi dan misi kita yang mempunyai kata kunci IPE, Integritas, Profesional dan Entrepreneurship.

Kami mengajak semua sivitas akademika Fakultas Teknik untuk terus mengembangkan diri, sehingga siap dalam menghadapi persaingan global, dan membuat Indonesia maju dalam pendidikan. Mari bergabung bersama kami, Fakultas Teknik Universitas Tarumanagara, untuk maju, berkembang bersama, dan menuju Indonesia bahagia.

Salam hangat,

HARTO TANUJAYA, S.T., M.T., Ph.D.