Program Studi Sarjana Teknik Sipil
Visi
Menjadi Program Studi Sarjana Teknik Sipil berkualitas di tingkat nasional dan Asia Tenggara yang lulusannya memiliki integritas, profesionalisme, dan jiwa entrepreneur.
 
MISI

 

  1. Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan Teknik Sipil berdasarkan nilai-nilai integritas, profesionalisme, serta jiwa entrepreneur.
  2. Melakukan pengembangan serta menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk kesejahteraan masyarakat dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
  3. Menyelenggarakan dan mengembangkan  kerjasama yang saling menguntungkan serta memperluas jejaring  di dalam dan luar negeri.

Tujuan Umum:

  1. Berjiwa Pancasila dan memiliki integritas kepribadian yang tinggi.
  2. Bersifat terbuka, tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ilmu dan teknologi maupun masalah yang dihadapi masyarakat khususnya yang berkaitan dengan bidang keahliannya.
  3. Menerapkan pengetahuan dan ketrampilan teknologi yang dimiliki sesuai dengan bidang keahliannya dalam kegiatan produktif dan pelayanan kepada masyarakat.
  4. Menguasai dasar-dasar ilmiah serta pengetahuan dan metodologi bidang keahliannya sehingga mampu menemukan, memahami, menjelaskan dan merumuskan cara penyelesaian masalah yang dalam kawasan keahliannya.
  5. Menguasai  dasar  ilmiah  sehingga  mampu  berpikir,  bersikap  dan  bertindak sebagai ilmuwan.
  6. Mampu mengikuti perkembangan  pengetahuan  dan  ketrampilan  sesuai  dengan bidangnya.

 

Tujuan Khusus:

  1. Mampu menjawab tantangan pembangunan Nasional akan kebutuhan tenaga rekayasa sipil.
  2. Menguasai konsep-konsep dasar ilmu pengetahuan alam dan matematika, ilmu rekayasa berwawasan lingkungan, ekonomi rekayasa, menyadari sumber daya alam yang terbatas dan mampu berkomunikasi dengan masyarakat luas.
  3. Siap berkembang, dalam meningkatkan ketrampilan di lapangan pekerjaan, mempunyai bekal yang cukup untuk melanjutkan studi pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi dan fleksibel terhadap kesempatan kerja yang ada.

Dapat bekerja dalam bidang perencanaan, perancangan, pelaksanaan, pengawasan, pengendalian, operasi dan pemeliharaan, serta evaluasi atas dasar konsep-konsep umum yang telah dibakukan (sesuai dengan peraturan-peraturan yang telah ditetapkan).

 

 SEJARAH :

Keberadaan Universitas Tarumanagara saat ini tidak terlepas dari pengabdian beberapa tokoh Perhimpunan Sosial Tjandra Naya (d/h Sin Ming Hui) yang melahirkan Yayasan Tarumanagara. Tujuan Yayasan Tarumanagara adalah untuk mengembangkan dan mempertinggi pendidikan pengajaran dan kebudayaan dengan pedoman membentuk manusia Indonesia yang susila

Sejalan dengan perkembangan pembangunan maka pada tahun 1968 Yayasan Tarumanagara melalui Fakultas Teknik membuka Jurusan Teknik Sipil dengan Program Studi Teknik Sipil, mendapat Status Terdaftar berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor: 113/U/1976 tanggal 26 Juni 1976, Status Diakui melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 0826/O/1986, tanggal 25 November 1986. Kemudian berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor: 0704/O/1989, diperoleh Status Disamakan dan memperoleh status Akreditasi Peringkat A berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor: 001/BAN-PT/Ak-I/VIII/1998. Pada akreditasi ulang tahun 2003, berdasarkan keputusan Badan Akreditasi nasional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor: 039/BAN-PT/Ak-VII/S1/XII/2003 memperoleh akreditasi dengan Peringkat A. Akreditasi selanjutnya dilakukan pada tahun 2009 dengan peringkat A berdasarkan  keputusan Badan Akreditasi nasional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor: 011/BAN-PT/Ak-XII/S1/V/2009. Prestasi mendapat akreditasi dengan peringkat A tersebut terus dipertahankan sampai saat ini, terakhir peringkat A didapatkan melalui keputusan Badan Akreditasi nasional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor: 293/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2014.

Jenjang pendidikan yang semula hanya meliputi program pendididkan sarjana, kini sudah mencakup program pendidikan magister dan program pendidikan doktor seiring dengan perkembangan komposisi tenaga pengajar yang semula hanya terdiri atas sarjana, kini pada umumnya dosen dengan jenjang pendidikan Magister dan Doktor. Hal yang serupa dengan komposisi jenjang kepangkatan akademik, semakin banyak dosen berpangkat Lektor Kepala dan bahkan Prodi Sarjana Teknik Sipil telah mengukuhkan 4 Guru Besar. Saat ini Prodi Sarjana Teknik Sipil sedang mempersiapkan 3 calon Guru Besar. Pertumbuhan sumber daya ini diikuti dengan komitmen lembaga terhadap tersedianya sarana dan prasarana penunjang proses pembelajaran tersebut.

RUMUSAN PROFIL LULUSAN PROGRAM STUDI SARJANA TEKNIK SIPIL

  1. Perencana konstruksi bangunan Gedung dan atau infrastruktur
  2. Perancang konstruksi bangunan Gedung dan atau infrastruktur
  3. Pelaksana konstruksi bangunan Gedung dan atau infrastruktur
  4. Pengelola konstruksi bangunan Gedung dan atau infrastruktur
  5. Pengambil keputusan
  6. Komunikator

Dr. Ir. FX Supartono

Direktur PT. Tridi Membran Utama

   

Ir. Handoyo Rusly, M.T.

Direktur PT. Total Bangun Persada Tbk

 

   

Ir. Annin Hudaya, M.T.

Direktur PT. Stadin Strukturindo Konsultan

   

Prof. Ir. Chaidir A Makarim, MSE.,Ph.D.

Direktur Protech Bumindotama Engineering

   
     

Ir. Nani Irawati Setiawan

Direktur PT. Diagram Triproporsi

   

Ir. Ignatius Haryanto, M.M.

 

Staf Ahli Bidang Pengembangan dan Pemeliharaan Aset

Yayasan Tarumanagara

 

   

Dr. Ir. Gouw Tjie Liong, M.Eng.,ChFC.

Praktisi Geoteknik Geotechnical Contractor &

Engineering Service

   
     

Hardy Willim, S.T.

KETUA ALUMNI

 

   

 

Pimpinan Jurusan

Ketua Jurusan                                                  : Dr. Widodo Kushartomo

Sekretaris Jurusan                                           : Ir. Dewi Linggasari, M.T.

Kepala Bagian Konstruksi                               : Ir. Hadi Pranata

Kepala Bagian Struktur                                   : Prof. Ir. Roesdiman S., M.Sc., Ph.D.

Kepala Bagian Transportasi                            : Prof. Leksmono S. Putranto, M.T., Ph.D.

Kepala Bagian MRK                                          : Ir. Iwan B. Santoso, M.Eng., Ph.D.

Kepala Bagian Geoteknik                                : Prof. Ir. Chaidir A. Makarim, MSE., Ph.D.

Kepala Bagian Keairan                                     : Dr. Ir. Wati A. Pranoto, M.T.

Kepala Laboratorium Konstruksi                   : Daniel Christianto, S.T., M.T.

Kepala Laborat Teknologi Beton                    : Dr. Widodo Kushartomo, S.T., M.T.

Kepala Laboratorium Mekanika Tanah         : Ir. Aniek Prihatiningsih, M.M.

Kepala Laboratorium Perkerasan Jalan        : Anissa Noor tajudin, S.T., M.Sc.

Kepala Laboratorium Hidrolika                      : Ir. Arianti Sutandi, M. Eng.

Kepala Laboratorium IUT                                : Ir. Ni Luh Putu Shinta E. S., M.T.

Kepala Laboratorium MR                      : Ir. Jemy Wijaya, M.T.

 

Tenaga Kependidikan

Ka. Sub. Bag Jurusan                                         : Lusi Damayanti, ST. 

Kaur. Administrasi                                             : Abdul Rodji

Laboran Lab. Konstruksi dan Teknologi Beton : Adhit Anjar Dwiputra

Laboran Lab. Mekanika Tanah                          : Edi Hartono

Laboran Lab. IUT dan MR                                 : Yan Ismoyo

Laboran Lab. Perkerasan Jalan                           : Darso

Laboran Lab. Hidrolika                                       : Slamet Riyadi

Pelaksana Dasar Laboratorium                          : Jaenal

Pelaksana Dasar Jurusan                        : Rangga

 

 
 
 

Dosen Tetap

Nama

NIK

NIDN

JFA

Bidang Keahlian

Alfred Jonathan Susilo, ST., M.Eng., Ph.D.

10317007

0323068304

-

Geoteknik

Andy Prabowo, ST., MT.

10316005

0329098601

Asisten Ahli

Konstruksi

Ir. Aniek Prihatiningsih, MM.

10388025

0321096001

Lektor

Geoteknik

Anissa Noor Tadjudin, ST., M.Sc.

10316011

0302049202

Asisten Ahli

Transportasi

Ir. Arianti Sutandi, M.Eng.

10394017

0304066904

Lektor

Keairan

Arif Sandjaya, ST., MT.

10312015

0309098904

Asisten Ahli

Struktur

Konstruksi

Ir. Basuki Anondho, MT.

10385018

0307035401

Lektor Kepala

MRK

Prof. Ir. Chaidir A.M., MSE., Ph.D.

10388021

0325094703

Guru Besar

Geoteknik

Daniel  Christianto, ST., MT.

10394017

0304066904

Lektor

Struktur

Ir. M.I. Dewi  Linggsari, MT.

10385004

0315035702

Asisten Ahli

Konstruksi

Edison Leo, ST., MT.

10313008

0310107904

Asisten Ahli

Konstruksi

Ir. Fannywati  Itang, MM.

10387014

0328026202

Lektor

Struktur

Giovanni Pranata, ST., MT.

10311003

0303018602

Asisten Ahli

Konstruksi

Ir. Gregorius Sandjaja, MT.

10386028

0330035701

Lektor

Geoteknik

Hendy Wijaya, ST., MT.

10315015

0323019101

Asisten Ahli

Struktur

Ir. Henny Wiyanto, MT.

10393041

0316106907

Lektor Kepala

MRK

Ir. Ignatius Haryanto, MM.

10380024

8897510016

Lektor Kepala

Konstruksi

Ir. Inda Sumarli

10392005

0324035401

Asisten Ahli

Geoteknik

Ir. Jemy Wijaya, MT.

10384055

0320015703

Lektor

Struktur

Prof. Ir. Leksmono S.P., MT.,Ph.D.

10392002

0304036601

Guru Besar

Transportasi

Ir. Leo S. Tedianto, MT.

10386011

8870220016

Lektor Kepala

Struktur

Dr. Ir. Najid, MT.

10392003

0322056402

Lektor Kepala

Transportasi

Ir. Ni Luh Putu S.E.S., MT.

10394018

0303116301

Lektor

Transportasi

Prof. Ir. Roesdiman S., M.Sc., Ph.D.

10395025

0305054703

Guru Besar

Struktur

Ir. Sunarjo Leman, MT.

10399003

0319106502

Lektor

Konstruksi

Dr. Ir. Wati A. Pranoto, MT.

10390014

0303106501

Lektor Kepala

Keairan

Dr. Widodo Kushartomo, S.Si., M.Si.

10394013

0309126902

Lektor Kepala

Teknologi Beton

Fisika

 

Dosen Bergelar S3

Nama

Lulus Doktor dari Dari Universitas

Prof. Ir. Chaidir Anwar Makarim, MSE., Ph.D.

Texas A & M University, Amerika Serikat

Prof. Ir. Roesdiman Soegiarso, M.Sc., Ph.D.

Ohio State University, Amerika Serikat

Prof. Ir. Leksmono Suryo Putranto, M.T., Ph.D.

Leeds University, Inggris

Dr. Widodo Kushartomo, S.Si., M.Si.

Universitas Tarumanagara

Alfred Jonathan Susilo, ST., M.Eng., Ph.D.

University Of Kentucky



 

 
 
 

RUMUSAN CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI SARJANA TEKNIK SIPIL

 

SIKAP

S1      Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan  menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, integritas, moral, etika, dan berkontribusi dalam  meningkatkan kedisiplinan, ketaatan terhadap hukum, kemandirian, kejuangan, kewirausahaan, mutu kehidupan, kecintaan terhadap tanah air, tanggung jawab, serta motivasi pembelajaran sepanjang hayat.

 

PENGETAHUAN

P1      Memahami prinsip-prinsip dasar matematika, ilmu dasar, teknologi informasi dan teknik sipil sesuai standar/code yang berlaku, untuk diaplikasikan dalam perencanaan dan perancangan konstruksi bangunan teknik sipil.

P2      Memahami proses perencanaan, perancangan, analisis, pelaksanaan, pengawasan, pengoperasian, pemeliharaan, perbaikan/perkuatan, dan pembongkaran bangunan teknik sipil dengan mempertimbangkan aspek keselamatan, kesehatan kerja, efisiensi, dan lingkungan.

 

KETRAMPILAN UMUM

KU1   Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif dalam pengambilan keputusan secara tepat dan penuh tanggungjawab dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data, guna menunjukkan kinerja mandiri atau kelompok yang bermutu dan terukur.

KU2   Mampu mengelola data secara baik, mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi guna menyusun deskripsi saintifik berupa laporan ilmiah atau skripsi dan mempublikasikannya yang bebas dari plagiarisme.

KU3   Mampu berkerja sama dalam tim multi disiplin atau multi-kultur, berkomunikasi secara efektif, melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja, mengelola pembelajaran secara mandiri, memelihara dan mengembangkan jaringan kerja.

 

KETRAMPILAN KHUSUS

KK1    Mampu mengidentifikasi semua aspek masalah bangunan teknik sipil berdasarkan data dan gambar rencana, dengan penguasaan prinsip-prinsip perancangan, mampu memberikan petunjuk, dan memilih berbagai alternatif solusi dalam bidang teknik sipil.

KK2    Mampu merencanakan, merancang, menganalisis, melaksanakan, mengawasi, mengoperasikan, memelihara, memperbaiki/memperkuat, dan membongkar bangunan teknik sipil dengan memanfaatkan teknologi dan piranti lunak mutakhir serta mempertimbangkan aspek keselamatan, kesehatan kerja, efisiensi, dan lingkungan.

KK3    Mampu melakukan pengumpulan data, pengukuran, pengujian, investigasi lapangan, pengujian bahan-bahan konstruksi di laboratorium, dan memanfaatkan konsep-konsep manajemen guna perancangan teknik sipil.

 

 

KESETARAAN CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI DENGAN CAPAIAN PEMBELAJARAN IABEE

 

NO

CP IABEE

S1

P1

P2

KU1

KU2

KU3

KK1

KK2

KK3

  1.  

Kemampuan menerapkan pengetahuan matematika, sains-sains hayati dan/atau material, teknologi informasi, dan kerekayasaan untuk membangun pemahaman prinsip-prinsip kerekayasaan secara utuh.

 

xx

 

 

 

 

 

 

 

  1.  

Kemampuan merancang komponen, sistem, dan/atau proses untuk memenuhi kebutuhan tertentu, dengan dihadapkan pada kendala-kendala realistik seperti kendala legal, ekonomi, lingkungan hidup, sosial-politik, Kesehatan dan keselamatan, serta keberlanjutan, serta mempertimbangkan dan/atau memanfaatkan potensi sumberdaya multi dan nasional dalam perspektif global.

x

x

xx

 

 

 

 

xx

 

  1.  

Kemampuan merancang dan melaksanakan percobaan di laboratorium dan/atau lapangan, serta menganalisis dan menginterpretasikan data untuk memperkuat daya nalar kerekayasaan.

 

 

 

x

xx

x

xx

xx

xx

  1.  

Kemampuan mengidentifikasi, merumuskan, menganalisis, dan menyelesaikan permasalahan kompleks kerekayasaan.

 

 

xx

x

 

 

xx

xx

x

  1.  

Kemampuan menerapkan metode, kecakapan, dan piranti kerekayasaan mutakhir yang diperlukan untuk praktik kerekayasaan.

 

 

x

 

x

 

 

xx

 

  1.  

Kemampuan berkomunikasi dengan efektif, baik secara verbal maupun tertulis.

 

 

 

 

xx

xx

 

 

 

  1.  

Kemampuan merencanakan, menuntaskan, dan mengevaluasi tugas-tugas dalam kendala-kendala yang tertentu.

 

 

 

x

xx

 

 

xx

 

  1.  

Kemampuan bekerja dalam tim-tim multi disipliner dan multikultural.

x

 

 

x

 

xx

 

 

 

  1.  

Kemampuan untuk bersikap akuntabel dan bertanggungjawab kepada masyarakat, dan berpegang pada etika profesi dalam menyelesaikan permasalahan kerekayasaan.

xx

 

 

xx

 

 

 

 

 

  1.  

Kemampuan untuk memahami kebutuhan bagi pembelajaran sepanjang hayat, termasuk akses ke pengetahuan isu-isu kontemporer yang relevan.

xx

 

 

 

xx

 

 

 

 

               Keteranagan : xx-berkesesuaian tinggi

                                         x-berkesesuaian sedang