Program Studi Sarjana Teknik Elektro

Visi

Menjadi Program Studi Teknik Elektro yang memiliki integritas, profesionalisme dan berjiwa entrepreneur di tingkat nasional maupun regional.

Misi

  • Membentuk dan menghasilkan lulusan dalam bidang Teknik Elektro yang berwawasan kebangsaan,menghargai pluralitas serta menjunjung tinggi moralitas bangsa dan berbudi luhur.
  • Menghasilkan lulusan yang dapat memenuhi tuntutan pasar kerja global dalam bidang industri dan kebutuhan masyarakat luas terutama dalam perancangan.
  • Menjadi motor pengembangan dan penerapan iptek bidang elektro.

Tujuan Umum

  1. Menyiapkan peserta didik menjadi warga yang beriman dan bertaqwa terhada Tuhan yang Maha Esa, berjiwa Pancasila, memiliki integritas kepribadian yang tinggi, terbuka dan tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, kesenian dan masalah yang dihadapi masyarakat, khususnya yang berkaitan dengan bidang keahliannya.
  2. Menyiapkan sarjana yang memiliki kualifikasi sebagai berikut:

a. Mampu menerapkan pengetahuan dan ketrampilan teknologi yang dimilikinya sesuai bidang keahliannya dalam kegiatan produktif dan pelayanan kepada masyarakat.

b. Menguasai dasar-dasar ilmiah dan pengetahuan serta metodologi bidang keahlian tertentu sehingga mampu menemukan, memahami, menjelaskan dan merumuskan cara penyelesaian masalah yang ada dalam kawasan keahliannya.

Tujuan Khusus

  1. Menghasilkan sarjana teknik telekomunikasi dan teknik sistem komputer yang mampu menganalisis permasalahan teknik elektro secara umum dan memberikan pemecahannya dengan metode yang tepat.
  2. Mampu merancang perangkat lunak dan keras, terutama dalam sistem dan industri telekomunikasi khususnya.
  3. Mampu merancang perangkat lunak komputer terutama rancangan antarmuka komputer dan pemrogramannya.
  4. Mampu mengembangkan perangkat lunak komputer untuk mendukung aplikasi perancangan, pengolahan sinyal, komunikasi data maupun simulasi.


Sejarah Teknik Elektro

Program Studi Teknik Elektro merupakan Program Studi kelima setelah Program Studi Arsitektur, Teknik Sipil, Teknik Mesin, Perencanaan Wilayah & Kota. Peresmian berdirinya Program Studi Teknik Elektro jatuh pada tanggal 10 Agustus 1992, yang didukung dengan Keputusan Ditjen Dikti Nomor: 155/Dikti/Kep./1992, tanggal 28 April 1992.

Setelah beroperasi selama lima tahun dan menghasilkan lulusan, status Program Studi Teknik Elektro dikukuhkan menjadi “Diakui” dengan Keputusan Ditjen Dikti Nomor 352/Dikti/Kep/1998.

Perubahan sistem penetapan status bagi lembaga pendidikan tinggi merubah status bagi Teknik Elektro pada tahun 2000 menjadi terakreditasi dengan peringkat B yang didukung dengan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Depdiknas RI nomor: 008/BAN-PT/AK-IV/VI/2000. Lima tahun berikutnya, yaitu pada tahun 2005 terjadi perubahan status pada peringkat akreditasi Program Studi Teknik Elektro, dari peringkat B menjadi peringkat A sesuai Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Depdiknas nomor: 022/BAN-PT/Ak-IX/S1/XII/2005.



Hubungi Kami 

Sekretariat Jurusan Teknik Elektro
Gedung Blok L, Lantai 3
Kampus I Universitas Tarumanagara
Jl. Letjen S. Parman No. 1, Grogol 11440
Jakarta Barat