Program Studi Sarjana Teknik Mesin

VISI

Menjadi Program Studi Teknik Mesin yang unggul dalam bidang teknoprener yang memiliki integritas, profesional dan berdaya saing global.

Misi

  1. Menyelenggarakan proses pendidikan yang mengacu pada standar internasional dalam bidang teknik mesin yang unggul, berkemampuan wirausaha dan berintegritas.
  2. Menyelenggarakan kegiatan penelitian yang inovatif dibidang teknik mesin yang bermutu dan bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan.
  3. Menyelenggarakan kegiatan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui penerapan hasil penelitian sivitas akademika.
  4. Memperluas jejaring dan kerjasama untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas tridharma perguruan tinggi secara efisien.


Sejarah Program Studi Teknik Mesin

Program Studi Teknik Mesin, Jurusan Teknologi Industri, Fakultas Teknik, Universitas Tarumanagara didirikan pada tanggal 13 Agustus 1981 di Jakarta dengan Surat Keputusan Ijin Operasional dari Koordinator Perguruan Tinggi Swasta Wilayah II No. 10/S/1981 dan mulai menerima mahasiswa baru pada tahun akademik 1981/1982.Dari tahun 1981/1982 Program Studi Teknik Mesin telah melaksanakan beberapa akreditasi yang dilakukan oleh Kopertis III dan Kemendikti dari Ijin Operasional, akreditasi Terdaftar, Diakui sampai Disamakan. Pada tahun 2014 diakreditasi ulang oleh BAN-PT dengan peringkat B (Baik) berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional No. 350/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2014, Tanggal 30 Agustus 2014. Pada tahun 2016, Program Studi Teknik Mesin di reakreditasi oleh BAN-PT. Berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi, Nomor 3824/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2017 tanggal 17 Oktober 2017, Program Studi Teknik Mesin pada Program Sarjana terakreditasi dengan peringkat Akreditasi A (Unggul). Program Studi Teknik Mesin memiliki visi, misi, tujuan dan sasaran yang disesuaikan dengan karakteristik mahasiswa dan pemangku kepentingan yang disertai dengan strategi untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas dan tercapainya tujuan dan sasaran tersebut. Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran Program Studi tersebut merupakan turunan dari Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran Fakultas Teknik dan Universitas Tarumanagara yang diselaraskan dengan Statuta dan Grand Design Strategy (GDS) untuk jangka waktu tahun 2012 – 2025 yang diinisiasi oleh Yayasan Tarumanagara. Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran tersebut mendasari penyusunan Capaian Pembelajaran Lulusan yang diimplementasikan melalui struktur kurikulum.





MOHON MAAF, FOTO STAFF PENGAJAR DAN TENAGA KEPENDIDIKAN SEDANG DALAM PROSES UPLOAD OLEH ADMIN WEBSITE

IABEE Accreditation Council

Program Studi Sarjana Teknik Mesin Universitas Tarumanagara berhasil mendapatkan Akreditasi Internasional Penuh (General Accredited) dari IABEE (Indonesian Accreditation Board for Engineering Education) sejak 20 Desember 2018 dan akan dievaluasi ulang pada 20 Desember 2021.

Ketua Program Studi Sarjana Teknik Mesin Universitas Tarumanagara, Dr. Steven Darmawan, S.T., M.T. mengungkapkan bahwa perolehan status akreditasi IABEE ini merupakan bukti bahwa akuntabilitas Program Studi sarjana bidang ilmu Teknik Mesin oleh lembaga akreditasi mandiri dan telah menyelenggarakan pembelajaran engineering berbasis luaran (Outcome Based Learning). Dengan demikian, lulusan dari Program Studi Sarjana Teknik Mesin Universitas Tarumanagara dapat diakui setara dengan lulusan Program Studi sejenis secara Internasional sebagai bagian dari kesepakatan Washington Accord melalui representasi IABEE yang sedang dalam proses sebagai Signatory Member Washingtoan Accord, seperti ABET (Amerika Serikat),  JABEE (Jepang), CAST (China), dan EA (Australia).

Perolehan ini juga menjadikan Program Studi Sarjana Teknik Mesin Universitas Tarumanagara merupakan Program Studi pertama di Universitas Tarumanagara dan Universitas Swasta yang terakreditasi IABEE secara penuh. “Kami ucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh stake holder, Pengguna Jasa Lulusan, Alumni, Universitas Tarumanagara, Jurusan Teknologi Industri, Fakultas Teknik, mahasiswa/i Program Studi Teknik Mesin, seluruh dosen, tenaga kependidikan, dan tentunya kepada tim akreditasi IABEE atas seluruh support dan kerja keras hingga akhhirnya hasil akreditasi ini diumumkan, semoga perolehan ini dapat menjadikan Program Studi Teknik Mesin Untar semakin maju”, ucapnya.



Pelatihan Alat Laboratorium dan Kalibrasi

Pada hari Jumat, tanggal 12 Oktober 2018, Program Studi Sarjana Teknik Mesin menyelenggarakan pelatihan penggunaan dan kalibrasi peralatan laboratorium baru di Laboratorium Perpindahan Panas dan Massa, yaitu Armfield RA3 Recirculating Air Unit, Armfield TH1 Temperature Measurement & Calibration dan Armfield TH1 Temperature Measurement & Calibration. Pelatihan dilakukan oleh Bpk Suhanan DEA (Teknik Mesin UGM) dan vendor PT. Tamara Overseas. Kegiatan tersebut dihadiri oleh dosen, laboran dan mahasiswa. Program Studi.



 

Workshop Operasi dan Pemeliharaan CFB Boiler untuk Engineer PLN, Balikpapan, Kalimantan Timur, 8-9 November 2018.

Dr. Abrar Riza, dosen tetap Program Studi Teknik Mesin sebagai trainer pada Workshop Operasi dan Pemeliharaan CFB Boiler untuk Engineer PLN, Balikpapan, Kalimantan Barat. 8-9 November 2018. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepakaran bidang ilmu Teknik Mesin bidang Konversi Energi.



Guru Besar Tetap Teknik Mesin Untar terima penghargaan Asean Engineer

Prof. Dr. Agustinus Purna Irawan, Guru Besar Tetap Program Studi Teknik Mesin Universitas Tarumanagara dianugerahkan ASEAN ENGINEER oleh Asean Engineer Register pada 36th CAFEO Governing Board Meeting di Resort World Sentosa, Singapore 14 November 2018. Penganugerahaan ini merupakan bentuk penghargaan akademik terhadap Prof. Dr. Agustinus Purna Irawan dalam bidang Teknik Mesin. Selain memiliki kesibukan sebagai Rektor Universitas Tarumanagara, beliau juga aktif sebagai anggota Majelis Penilai di BKM PII.



Seminar ILUMTA “Enterpreneurship in Mechanical Engineering” 2018

Pada hari Kamis, tanggal 15 November 2018, Mahasiswa Program Studi Sarjana Teknik Mesin Universitas Tarumanagara melalaui Organisasi Ikatan Mahasiswa Mesin Universitas Tarumanagara (IMAMTA) menyelenggarakan acara seminar dengan tema "Enterpreneurship in Mechanical Enginnering". Kegiatan ini merupakan kegaiatan rutin yang bertujuan untuk menambah wawasan mahasiswa bidang Teknik Mesin, terutama berkaitan dengan nilai-nilai enterpreneurship dan profesionalisme, dengan pembicara Alumni. Kegiatan kali ini mengundang Bpk Hendi M'95 (enterprenuer - PT. Dycom Engineering) dan Bpk Bandoko M'03 (Instrument engineer - PT Timas Suplindo). Acara dibuka oleh Ketua Program Studi Sarjana Teknik Mesin, Dr. Steven Darmawan, S.T., M.T.



Rapat Kurikulum Program Studi Sarjana Teknik Mesin, Semester Ganjil 2018/2019

Pada hari Kamis, 15 November 2018, Program Studi Sarjana Teknik Mesin menyelenggarakan rapat kurikulum bersama stakeholder (alumni) yang berasal dari latar belakang pengusaha dan profesional. Bpk Hendi M'95 (enterprenuer - PT. Dycom Engineering) dan Bpk Bandoko M'03 (Instrument engineer - PT Timas Suplindo). Rapat tersebut dihadiri oleh Ketua Jurusan Teknologi Industri, Ketua dan Sekretaris Program Studi serta dosen tetap dan kepala/wakil kepala bagian bidang ilmu. Dalam kesempatan tersebut, banyak didiskusikan perihal perkembangan teknologi yang dapat diaplikasikan ke kurikulum sebagai langkah perbaikan berkelanjutan Program Studi untuk mencapai dan meningkatkan Profil Lulusan. Adapun kegiatan ini merupakan respon dari Program Studi terkait perkembangan teknologi yang sangat pesat sehingga Program Studi harus secara berkala memutakhirkan komponen pembelajaran, antara lain kurikulum, mata kuliah serta Rencana Pembelajaran Semester setiap mata kuliah.




SNMI IX 2015

Program Studi  Teknik Mesin bersama dengan Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik Universitas Tarumanagara kembali menyelenggarakan Seminar Nasional bidang Teknik Mesin dan Teknik Industri, yaitu SNMI (Seminar Nasional Mesin dan Industri) X 2016, diselenggarakan bekerja sama dengan Fakultas Teknik Universitas Mahendradata, Bali. SNMI IX 2015 dilaksanakan pada



SNMI X 2016

Program Studi  Teknik Mesin bersama dengan Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik Universitas Tarumanagara kembali menyelenggarakan Seminar Nasional bidang Teknik Mesin dan Teknik Industri, yaitu SNMI (Seminar Nasional Mesin dan Industri) IX 2015, dilaksanakan pada 21-22 April 2016 bertempat di Universitas Tarumanagara Jakarta

 
 

Capaian Pembelajaran Lulusan

Capaian pembelajaran Lulusan Program Studi Sarjana Teknik Mesin disusun berdasarkan Core Value dari Universitas Tarumanagara, Yaitu Integrity, Professionalism dan Enterpreneurship (IPE), Rumusan Pembelajaran Lulusan SNPT (Standar Nasional Pendidikan Tinggi) serta berdasarkan Capaian Pembelajaran Lulusan sesuai dengan kriteria IABEE (Indonesian Accreditation Board for Engineering Education).

Skematik Penyusunan Capaian Pembelajaran Lulusan Ditunjukan Oleh Gambar Berikut Ini:

Daftar Mata kuliah per semester

SEMESTER  I

 

No

Kode

Mata Kuliah

Mata Kuliah

Beban

Sks

1

TM 13001

Fisika I & Praktikum

4

3

TM 13002

Kalkulus I

2

4

TM 12072

Kimia Dasar

2

5

DU 11151

Bahasa Inggris

2

6

TM 12081

Menggambar Teknik

2

7

TM 12311

Konsep Teknologi

2

8

TM12312

Pengantar Teknik Mesin

2

9

TM 12210

Olah Raga

2

Jumlah

18

 

 

SEMESTER  II

 

No

Kode

Mata Kuliah

Mata Kuliah

Beban

Sks

1

TM 13003

Fisika II

2

2

TM 12332

Praktikum Fisika II

1

3

TM 13004

Menggambar Mesin

2

4

TM 13005

CAD

2

5

TM 13007

Kalkulus II

2

6

TM 13006

Proses Manufaktur I

2

6

TM 13008

Statika Struktur

2

7

TM 13009

Material Teknik

4

8

DU 11182

Kewirausahaan

2

Jumlah

19

 

 

SEMESTER  III

 

No

Kode

Mata Kuliah

Mata Kuliah

Beban

Sks

1

DU 11021

Pancasila

2

2

TM 22291

Termodinamika

4

3

TM 23001

Proses Manufaktur II

2

4

TM 12361

Praktikum Material Teknik

1

5

TM 23002

Statistik

2

6

TM 23004

Mekanika Kekuatan Material

4

7

TM 23003

Matematika Teknik I

2

8

TM 23005

Proyek Perancangan Mesin I

2

Jumlah

19

 

SEMESTER  IV

 

No

Kode

Mata Kuliah

Mata Kuliah

Beban

Sks

1

TM 22301

Mekanika Fluida

4

2

TM 23006

Elemen Mesin I

2

3

TM 23007

Integrasi Perancangan dan Manufaktur  Berbasis Komputer

4

4

DU 11081

Bahasa Indonesia

2

5

TM 22321

Praktikum Proses Manufaktur

1

6

TM 23008

Matematika Teknik II

2

7

TM 33111

Teknik Tenaga Listrik

2

8

TM 23009

Pemilihan Bahan dan Proses

2

9

TM 23010

Proyek Perancangan Mesin II

2

Jumlah

21

 

 

SEMESTER  V

 

No

Kode

Mata Kuliah

Mata Kuliah

Beban

Sks

1

TM 32281

Perpindahan Kalor dan Massa

4

2

TM 33001

Pengukuran Teknik dan Metrologi

2

3

TM 32291

Kinematika dan Dinamika Teknik

4

4

DU 1101x

Pendidikan Agama

2

5

TM 43111

Sistem Kontrol

2

5

TM 33191

Praktikum Fenomena Dasar Mesin

1

6

TM 33121

Praktikum Teknik Tenaga Listrik

1

7

TM 33002

Elemen Mesin II

2

8

TM 33003

Proyek Perancangan Mesin III

2

Jumlah

20

 

 

SEMESTER  VI

 

No

Kode

Mata Kuliah

Mata Kuliah

Beban

Sks

1

TM 33201

Mesin-mesin Konversi Energi

4

2

DU 11031

Pendidikan Kewarganegaraan

2

3

TM 33007

Otomasi dan Robotika

2

4

TM 33004

Sistem Mekatronika dan Praktikum

4

5

TM 33062

Praktikum Prestasi Mesin

1

6

TM 33043

Getaran Mekanik

2

7

TM 33005

Metode Numerik

4

8

TM 33006

Proyek Perancangan Mesin IV

2

Jumlah

21

 

SEMESTER  VII

 

No

Kode

Mata Kuliah

Mata Kuliah

Beban

Sks

1

TM 33181

Teknologi Lingkungan

2

2

TM 43221

Kerja Praktik

2

3

TM 43001

Teknologi CNC

2

4

TM 43201

Metodologi Penelitian & Seminar

2

5

 

Pilihan Bebas I

2

6

 

Pilihan Wajib Peminatan I

2

Jumlah

12

 

 

SEMESTER  VIII

 

No

Kode

Mata Kuliah

Mata Kuliah

Beban

Sks

1

TM 43101

Manajemen Industri

2

2

TM 43222

Profesi dan Etika

2

3

 

Pilihan Bebas II

2

4

 

Pilihan Wajib Peminatan II

2

5

TM 43231

Skripsi

6

Jumlah

14

 



       RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER

 

Konversi Energi

Mekanika Fluida Lanjut

Sistem Instalasi Fluida

Sistem Instalasi Pendingin

Sistem Instalasi Penukar kalor

Turbin Uap & Gas

Manufaktur

Machinability

Proses Non Konversi

Proses Pemesinan

Rapid Prototyping

Sistem Manufaktur Terpadu

Sistem Poduksi

Teknologi Molding

Material

Bahan Komposit

Korosi dan Pengendaliaannya

Proses Perlakuan Panas

Teknik Pembentukan Material

Teknologi Pengecoran

Teknologi Pengelasan

Teknologi Rekayasa Permukaan

Perancangan Mekanikal dan Otomasi

Metode Elemen Hingga

Teknologi Otomotif

Otomasi & Robotika

Pemodelan sistem Dinamik

Pengaturan Berbasis Komputer

Pesawat Angkat

Sistem  hidrolik & Pnuematik

Semester I

Fisika  I

kalkulus I

Kimia dasar

Konsep Teknologi

Menggambar Teknik

Pengantar Teknik Mesin

Semester II

Fisika  II
Kalkulus II

Material Teknik

Menggambar Mesin

Proses Manufaktur I

Statika Struktur

Semester III

Matematika Teknik I

Mekanika Kekuatan Matrial

Metalurgi Fisik

Proses Manufaktur II

Teknik Tenaga Listrik

Termodinamika

Semester IV

Elemen Mesin I

Mekanika Fluida

Pemilihan Bahan & Proses

Praktikum Proses Manufaktur

Statistik

Semester V

CAD.CAM

Elemen Mesin II

Kinematika dan Dimanika Teknik

Pengukuran tekniK & Metrologi

Perpindahan kalor dan Massa

Prakt. Fenomena dasar mesin

Semester VI

Getaran Mekanis

Mesin-Mesin Konversi Energi

Metode Numerik

Proyek Perancangan Mesin

Sistem Mekatronika

Semester VII

Kerja Praktik

Metodologi Penelitian & Seminar

Teknologi CNC

Semester VIII

Kewirausahaan

Manajemen Industri

Profesi & Etika

Teknologi lingkungan

 
 

1. Laboratorium Fisika Dasar

Sedang dalam proses Upload Foto



2. Laboratorium CNC



3. Laboratorium Proses Produksi



4. Laboratorium Mekatronika



5. Laboratorium Teknik Tenaga Listrik



6. Laboratorium Prestasi Mesin



7. Laboratorium Fenomena Dasar Mesin



8. Laboratorium Hidrolik dan Pneumatik



9. Laboratorium CAD/CAM



10. Laboratorium Metalurgi Fisik



11. Laboratorium Perpindahan Panas dan Massa

MOHON MAAF, SEDANG DALAM PROSES UPLOAD OLEH ADMIN WEBSITE

Profil Lulusan Program Studi Teknik Mesin Universitas Tarumanagara

“Teknoprener Inovatif dan Visioner melalui aplikasi-aplikasi Rekayasa pada Perancangan Mekanikal dan Otomasi

 

Mahasiswa & Alumni

Testimoni Alumni, Ade Wijaya Kismarahardja, Ph.D (Angkatan 1998)

Saya bersyukur pernah berkuliah di Program Studi Teknik Mesin Universitas Tarumanagara. Saya memulai perkuliahan di Untar ketika dunia politik Indonesia sedang dalam kondisi yang labil yakni pada tahun 1998. Meskipun demikian, kondisi perkuliahan di Untar tetap dapat berjalan relatif baik. Didukung oleh para pengajar yang berkualitas dan fasilitas pembelajaran yang baik termasuk perpustakaan dan juga laboratorium-laboratorium di dalamnya sangat mendukung dalam proses belajar dan penelitian di Universitas Tarumanagara. Semuanya ini telah memberikan saya sebuah bekal yang cukup untuk menghadapi dunia kerja dan juga dunia pendidikan lanjut setelah sarjana. Setelah menyelesaikan pendidikan S1 di Untar, saya mendapat kesempatan untuk berkuliah di Amerika Serikat untuk menempuh program S3 di bidang zat padat dan saat ini juga tengah mendapat beasiswa untuk mempelajari sifat mekanik dari material dengan menggunakan miksroskop elektron di Sydney University, Australia. Sebagai salah satu lulusannya, saya berharap dan berdoa agar Universitas Tarumanagara tetap mampu menjaga kualitas pendidikannya di masa mendatang serta mampu memberikan sumbangan berarti bagi kemajuan dunia pendidikan serta penelitian di Indonesia. Tetap jaya untuk Universitas Tarumanagara, khususnya Program Studi Teknik Mesin. (Ade Wijaya Kismarahardja, Ph.D).

Tab 7 Content

 

           FAQ :

  • Email: tm@ft.untar.ac.id
  • IG     : @teknikmesinuntar