Program Studi Sarjana Teknik Mesin

VISI

Menjadi Program Studi Teknik Mesin yang unggul dalam bidang teknoprener yang memiliki integritas, profesional dan berdaya saing global.

Misi

  1. Menyelenggarakan proses pendidikan yang mengacu pada standar internasional dalam bidang teknik mesin yang unggul, berkemampuan wirausaha dan berintegritas.
  2. Menyelenggarakan kegiatan penelitian yang inovatif dibidang teknik mesin yang bermutu dan bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan.
  3. Menyelenggarakan kegiatan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui penerapan hasil penelitian sivitas akademika.
  4. Memperluas jejaring dan kerjasama untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas tridharma perguruan tinggi secara efisien.


SEJARAH DAN PERKEMBANGAN PROGRAM STUDI TEKNIK MESIN

Program Studi Teknik Mesin, Jurusan Teknologi Industri, Fakultas Teknik, Universitas Tarumanagara didirikan pada tanggal 13 Agustus 1981 di Jakarta dengan Surat Keputusan Ijin Operasional dari Koordinator Perguruan Tinggi Swasta Wilayah II No. 10/S/1981 dan mulai menerima mahasiswa baru pada tahun akademik 1981/1982.Dari tahun 1981/1982 Program Studi Teknik Mesin telah melaksanakan beberapa akreditasi yang dilakukan oleh Kopertis III dan Kemendikti dari Ijin Operasional, akreditasi Terdaftar, Diakui sampai Disamakan. Jumlah total mahasiswa aktif reguler sampai dengan tahun akademik 2019/2020 sebanyak 188 mahasiswa dengan IPK lulusan rerata 3,28. Program Studi Teknik Mesin memiliki 10 orang dosen tetap, dengan 188 mahasiswa aktif hingga semester genap 2019/2020 sehingga memiliki rasio dosen : mahasiswa = 1:18.8. Rasio dosen dan mahasiswa ini mendukung Programn Studi untuk melaksanakan pembelajaran dengan baik. Jumlah total lulusan hingga semester genap 2019/2020 sebanyak 1792 (1649) lulusan yang telah berkarya diberbagai perusahaan Nasional maupun Multinasional, Industri, wirausaha, serta studi lanjut ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

 

Kualitas pembelajaran di Program Studi secara teratur dikendalikan sesuai akreditasi yang disyaratkan oleh pemerintah. Pada tahun 2014, Program Studi diakreditasi ulang oleh BAN-PT dengan peringkat B (Baik) dengan nilai 340 berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional No. 350/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2014, Tanggal 30 Agustus 2014. Pada tahun 2016, Program Studi Teknik Mesin mengajukan reakreditasi ke BAN-PT. Berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi, Nomor 3824/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2017 tanggal 17 Oktober 2017, Program Studi Teknik Mesin pada Program Sarjana terakreditasi dengan peringkat Akreditasi A, nilai 366. Sebagai upaya untuk terus memperbaiki mutu pembelajaran berbasis capaian (Outcome-based education) dan meningkatkan akuntabilitas kepada masyarakat, pada tahun 2018, Program Studi Sarjana Teknik Mesin Universitas Tarumanagara mendaftarkan diri ke IABEE pada program General Accreditation. Pada tanggal 11 Desember 2018, IABEE melalui sertifikat Nomor 00032.A menyatakan bahwa Program Studi Sarjana Teknik Mesin mendapatkan status terakreditasi




 

 

 

 

 

 

 

Yudisium Semester Genap 2019/2020

Yudisium Fakultas Teknik, semester genap 2019/2020. Proficiat kepada 25 mahasiswa Teknik Mesin di Yudisium menjadi Sarjana Teknik Mesin.



Sidang Skripsi Virtual

Sidang Skripsi Virtual Prodi Sarjana Teknik Mesin, bidang Teknologi Material, 1 Juli 2020.

Sidang Skripsi Virtual Prodi Sarjana Teknik Mesin, bidang Teknik Manufaktur, 30 Juni 2020.

Sidang Skripsi Virtual Prodi Sarjana Teknik Mesin, bidang Konversi Energi, 29 Juni 2020.

Sidang Skripsi Virtual Prodi Sarjana Teknik Mesin, bidang Perancangan Mekanikal dan Otomasi, 29 Juni 2020.



Lokakarya Kurikulum Merdeka

Lokakarya Kurikulum "Merdeka" 10-12 Juni 2020. Dengan agenda implementasi Kurikilum Merdeka Belajar serta memperkuat Link & Match antara Universitas - Dunia Industri.
Nara sumber Alumni dan Industri, yaitu Bpk Rico Natio M'01 praktisi bidang Material maju dari PT. Indonesia Polyurethane Industry dan Bpk Hadi M"05 praktisi bidang Hidrolik & Pneumatik bersama rekan-rekan dari Bosch Rexroth Indonesia.


 

Seminar ILUMTA

Experiences sharing oleh Alumni di bidang Entrepreneurship dan Profesional pada kegiatan Seminar ILUMTA. Pembicara pertama adalah Bpk Angga Putra Manggala Sunjaya, S.T. (Angkatan 2008, Entrepreneur bidang Passanger Elevator PT. Rajawali Elevator) dan pembicara ke dua adalah Bpk Hadi, S.T. (Angkatan 2005, Bosch Rexroth Indonesia).
Kedua pembicara berpendapat bahwa mahasiswa harus mampu menghasilkan inovasi dengan tetap menerapkan pola pikir kesarjanaan di bidang Teknik Mesin.



Company Visit

Students of Mechanical Engineering @untarjakarta visited PT. Supernova Flexible Packaging on March 6 2020. This event is one of Mechanical Engineering Student Organization Activities.
At PT. Supernova Flexible Packaging, students experienced a lot of mechanical process involved in product packaging manufacturing based on the products specification to be handled.



AUTOMAXX 2020

Mahasiswa Mesin Universitas Tarumanagara menyelenggarakan Kontes Modifikasi dan Coaching Clinique Otomotif AUTOMAXX 2020 "Passion Over Perfection" pada tanggal 29 Februari 2020
Sebagai wadah kreativitas bidang otomotif, acara ini dibuka untuk umum. Terdapat total 118 mobil dari berbagai merk, tipe dan jenis modifikasi berpartisipasi dalam kegiatan ini. Coaching Clinique otomotif dengan topik Kendaraan Hybrid diberikan oleh Rmoda.



Singapore Robotics Games 2020

Glimpse from Singapore Robotics Games 2020, Feb 5-6 2020.

Robotics Untar participated in Singapore Robotics Games 2020, Category: Humanoid, named DEVATA.
As scheduled, Devata performed at Day 2, Feb 6 2020. Participants came from other Universities from several countries. Although did not make it to win, the team managed all the competition requirements as the whole package.

Robotics Untar participated in Singapore Robotics Games 2020, Category: Underwater Robot. Two teams join the competition: Swimming Dutchboy and TURC.
Besides from mechanical engineeering, the team also came from Electrical Engineering, Industrial Engineering and Information Technology Program. The team succeed to be the 6th fastest out of 27 team accomplish the mission. Participants are come from other Universities from several countries.
Humaniod robot which also participated by Untar is scheduled to perform at Day 2 .



Lokakarya Pembelajaran Semester (RPS)

tanggal 8-9 Januari 2020, Program Studi Teknik Mesin @untarjakarta menyelenggarakan Lokakarya Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dengan format KKNI dan SN-DIKTI berdasarkan nilai I.P.E (Integrity, Proffesionalism, dan Entrepreneurship) untuk seluruh mata kuliah. Pembaharuan ini dilakukan sebagai salah satu langkah penjaminan mutu Program Studi Teknik Mesin UNTAR yang menyelenggarakan pembelajaran berbasis luaran (Outcomes Based Education).
Dikoordinasikan oleh Ketua Program Studi Teknik Mesin, Kegiatan secara resmi dibuka oleh Dekan Fakultas Teknik. Rektor Universitas Tarumanagara turut hadir dan memberikan pengarahan terkait RPS.

 




IABEE Accreditation Council

Program Studi Sarjana Teknik Mesin Universitas Tarumanagara berhasil mendapatkan Akreditasi Internasional Penuh (General Accredited) dari IABEE (Indonesian Accreditation Board for Engineering Education) sejak 20 Desember 2018 dan akan dievaluasi ulang pada 20 Desember 2021.

Ketua Program Studi Sarjana Teknik Mesin Universitas Tarumanagara, Dr. Steven Darmawan, S.T., M.T. mengungkapkan bahwa perolehan status akreditasi IABEE ini merupakan bukti bahwa akuntabilitas Program Studi sarjana bidang ilmu Teknik Mesin oleh lembaga akreditasi mandiri dan telah menyelenggarakan pembelajaran engineering berbasis luaran (Outcome Based Learning). Dengan demikian, lulusan dari Program Studi Sarjana Teknik Mesin Universitas Tarumanagara dapat diakui setara dengan lulusan Program Studi sejenis secara Internasional sebagai bagian dari kesepakatan Washington Accord melalui representasi IABEE yang sedang dalam proses sebagai Signatory Member Washingtoan Accord, seperti ABET (Amerika Serikat),  JABEE (Jepang), CAST (China), dan EA (Australia).

Perolehan ini juga menjadikan Program Studi Sarjana Teknik Mesin Universitas Tarumanagara merupakan Program Studi pertama di Universitas Tarumanagara dan Universitas Swasta yang terakreditasi IABEE secara penuh. “Kami ucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh stake holder, Pengguna Jasa Lulusan, Alumni, Universitas Tarumanagara, Jurusan Teknologi Industri, Fakultas Teknik, mahasiswa/i Program Studi Teknik Mesin, seluruh dosen, tenaga kependidikan, dan tentunya kepada tim akreditasi IABEE atas seluruh support dan kerja keras hingga akhhirnya hasil akreditasi ini diumumkan, semoga perolehan ini dapat menjadikan Program Studi Teknik Mesin Untar semakin maju”, ucapnya.



Pelatihan Alat Laboratorium dan Kalibrasi

Pada hari Jumat, tanggal 12 Oktober 2018, Program Studi Sarjana Teknik Mesin menyelenggarakan pelatihan penggunaan dan kalibrasi peralatan laboratorium baru di Laboratorium Perpindahan Panas dan Massa, yaitu Armfield RA3 Recirculating Air Unit, Armfield TH1 Temperature Measurement & Calibration dan Armfield TH1 Temperature Measurement & Calibration. Pelatihan dilakukan oleh Bpk Suhanan DEA (Teknik Mesin UGM) dan vendor PT. Tamara Overseas. Kegiatan tersebut dihadiri oleh dosen, laboran dan mahasiswa. Program Studi.



 

Workshop Operasi dan Pemeliharaan CFB Boiler untuk Engineer PLN, Balikpapan, Kalimantan Timur, 8-9 November 2018.

Dr. Abrar Riza, dosen tetap Program Studi Teknik Mesin sebagai trainer pada Workshop Operasi dan Pemeliharaan CFB Boiler untuk Engineer PLN, Balikpapan, Kalimantan Barat. 8-9 November 2018. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepakaran bidang ilmu Teknik Mesin bidang Konversi Energi.



Guru Besar Tetap Teknik Mesin Untar terima penghargaan Asean Engineer

Prof. Dr. Agustinus Purna Irawan, Guru Besar Tetap Program Studi Teknik Mesin Universitas Tarumanagara dianugerahkan ASEAN ENGINEER oleh Asean Engineer Register pada 36th CAFEO Governing Board Meeting di Resort World Sentosa, Singapore 14 November 2018. Penganugerahaan ini merupakan bentuk penghargaan akademik terhadap Prof. Dr. Agustinus Purna Irawan dalam bidang Teknik Mesin. Selain memiliki kesibukan sebagai Rektor Universitas Tarumanagara, beliau juga aktif sebagai anggota Majelis Penilai di BKM PII.



Seminar ILUMTA “Enterpreneurship in Mechanical Engineering” 2018

Pada hari Kamis, tanggal 15 November 2018, Mahasiswa Program Studi Sarjana Teknik Mesin Universitas Tarumanagara melalaui Organisasi Ikatan Mahasiswa Mesin Universitas Tarumanagara (IMAMTA) menyelenggarakan acara seminar dengan tema "Enterpreneurship in Mechanical Enginnering". Kegiatan ini merupakan kegaiatan rutin yang bertujuan untuk menambah wawasan mahasiswa bidang Teknik Mesin, terutama berkaitan dengan nilai-nilai enterpreneurship dan profesionalisme, dengan pembicara Alumni. Kegiatan kali ini mengundang Bpk Hendi M'95 (enterprenuer - PT. Dycom Engineering) dan Bpk Bandoko M'03 (Instrument engineer - PT Timas Suplindo). Acara dibuka oleh Ketua Program Studi Sarjana Teknik Mesin, Dr. Steven Darmawan, S.T., M.T.



Rapat Kurikulum Program Studi Sarjana Teknik Mesin, Semester Ganjil 2018/2019

Pada hari Kamis, 15 November 2018, Program Studi Sarjana Teknik Mesin menyelenggarakan rapat kurikulum bersama stakeholder (alumni) yang berasal dari latar belakang pengusaha dan profesional. Bpk Hendi M'95 (enterprenuer - PT. Dycom Engineering) dan Bpk Bandoko M'03 (Instrument engineer - PT Timas Suplindo). Rapat tersebut dihadiri oleh Ketua Jurusan Teknologi Industri, Ketua dan Sekretaris Program Studi serta dosen tetap dan kepala/wakil kepala bagian bidang ilmu. Dalam kesempatan tersebut, banyak didiskusikan perihal perkembangan teknologi yang dapat diaplikasikan ke kurikulum sebagai langkah perbaikan berkelanjutan Program Studi untuk mencapai dan meningkatkan Profil Lulusan. Adapun kegiatan ini merupakan respon dari Program Studi terkait perkembangan teknologi yang sangat pesat sehingga Program Studi harus secara berkala memutakhirkan komponen pembelajaran, antara lain kurikulum, mata kuliah serta Rencana Pembelajaran Semester setiap mata kuliah.




SNMI IX 2015

Program Studi  Teknik Mesin bersama dengan Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik Universitas Tarumanagara kembali menyelenggarakan Seminar Nasional bidang Teknik Mesin dan Teknik Industri, yaitu SNMI (Seminar Nasional Mesin dan Industri) X 2016, diselenggarakan bekerja sama dengan Fakultas Teknik Universitas Mahendradata, Bali. SNMI IX 2015 dilaksanakan pada



SNMI X 2016

Program Studi  Teknik Mesin bersama dengan Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik Universitas Tarumanagara kembali menyelenggarakan Seminar Nasional bidang Teknik Mesin dan Teknik Industri, yaitu SNMI (Seminar Nasional Mesin dan Industri) IX 2015, dilaksanakan pada 21-22 April 2016 bertempat di Universitas Tarumanagara Jakarta

 
 

Capaian Pembelajaran Lulusan

Capaian pembelajaran Lulusan Program Studi Sarjana Teknik Mesin disusun berdasarkan Core Value dari Universitas Tarumanagara, Yaitu Integrity, Professionalism dan Enterpreneurship (IPE), Rumusan Pembelajaran Lulusan SNPT (Standar Nasional Pendidikan Tinggi) serta berdasarkan Capaian Pembelajaran Lulusan sesuai dengan kriteria IABEE (Indonesian Accreditation Board for Engineering Education).

Skematik Penyusunan Capaian Pembelajaran Lulusan Ditunjukan Oleh Gambar Berikut Ini:

Daftar Mata kuliah per semester

SEMESTER  I

 

No

Kode

Mata Kuliah

Mata Kuliah

Beban

Sks

1

TM 13001

Fisika I & Praktikum

4

3

TM 13002

Kalkulus I

2

4

TM 12072

Kimia Dasar

2

5

DU 11151

Bahasa Inggris

2

6

TM 12081

Menggambar Teknik

2

7

TM 12311

Konsep Teknologi

2

8

TM12312

Pengantar Teknik Mesin

2

9

TM 12210

Olah Raga

2

Jumlah

18

 

 

SEMESTER  II

 

No

Kode

Mata Kuliah

Mata Kuliah

Beban

Sks

1

TM 13003

Fisika II

2

2

TM 12332

Praktikum Fisika II

1

3

TM 13004

Menggambar Mesin

2

4

TM 13005

CAD

2

5

TM 13007

Kalkulus II

2

6

TM 13006

Proses Manufaktur I

2

6

TM 13008

Statika Struktur

2

7

TM 13009

Material Teknik

4

8

DU 11182

Kewirausahaan

2

Jumlah

19

 

 

SEMESTER  III

 

No

Kode

Mata Kuliah

Mata Kuliah

Beban

Sks

1

DU 11021

Pancasila

2

2

TM 22291

Termodinamika

4

3

TM 23001

Proses Manufaktur II

2

4

TM 12361

Praktikum Material Teknik

1

5

TM 23002

Statistik

2

6

TM 23004

Mekanika Kekuatan Material

4

7

TM 23003

Matematika Teknik I

2

8

TM 23005

Proyek Perancangan Mesin I

2

Jumlah

19

 

SEMESTER  IV

 

No

Kode

Mata Kuliah

Mata Kuliah

Beban

Sks

1

TM 22301

Mekanika Fluida

4

2

TM 23006

Elemen Mesin I

2

3

TM 23007

Integrasi Perancangan dan Manufaktur  Berbasis Komputer

4

4

DU 11081

Bahasa Indonesia

2

5

TM 22321

Praktikum Proses Manufaktur

1

6

TM 23008

Matematika Teknik II

2

7

TM 33111

Teknik Tenaga Listrik

2

8

TM 23009

Pemilihan Bahan dan Proses

2

9

TM 23010

Proyek Perancangan Mesin II

2

Jumlah

21

 

 

SEMESTER  V

 

No

Kode

Mata Kuliah

Mata Kuliah

Beban

Sks

1

TM 32281

Perpindahan Kalor dan Massa

4

2

TM 33001

Pengukuran Teknik dan Metrologi

2

3

TM 32291

Kinematika dan Dinamika Teknik

4

4

DU 1101x

Pendidikan Agama

2

5

TM 43111

Sistem Kontrol

2

5

TM 33191

Praktikum Fenomena Dasar Mesin

1

6

TM 33121

Praktikum Teknik Tenaga Listrik

1

7

TM 33002

Elemen Mesin II

2

8

TM 33003

Proyek Perancangan Mesin III

2

Jumlah

20

 

 

SEMESTER  VI

 

No

Kode

Mata Kuliah

Mata Kuliah

Beban

Sks

1

TM 33201

Mesin-mesin Konversi Energi

4

2

DU 11031

Pendidikan Kewarganegaraan

2

3

TM 33007

Otomasi dan Robotika

2

4

TM 33004

Sistem Mekatronika dan Praktikum

4

5

TM 33062

Praktikum Prestasi Mesin

1

6

TM 33043

Getaran Mekanik

2

7

TM 33005

Metode Numerik

4

8

TM 33006

Proyek Perancangan Mesin IV

2

Jumlah

21

 

SEMESTER  VII

 

No

Kode

Mata Kuliah

Mata Kuliah

Beban

Sks

1

TM 33181

Teknologi Lingkungan

2

2

TM 43221

Kerja Praktik

2

3

TM 43001

Teknologi CNC

2

4

TM 43201

Metodologi Penelitian & Seminar

2

5

 

Pilihan Bebas I

2

6

 

Pilihan Wajib Peminatan I

2

Jumlah

12

 

 

SEMESTER  VIII

 

No

Kode

Mata Kuliah

Mata Kuliah

Beban

Sks

1

TM 43101

Manajemen Industri

2

2

TM 43222

Profesi dan Etika

2

3

 

Pilihan Bebas II

2

4

 

Pilihan Wajib Peminatan II

2

5

TM 43231

Skripsi

6

Jumlah

14

 



       RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER

 

Konversi Energi

Mekanika Fluida Lanjut

Sistem Instalasi Fluida

Sistem Instalasi Pendingin

Sistem Instalasi Penukar kalor

Turbin Uap & Gas

Manufaktur

Machinability

Proses Non Konversi

Proses Pemesinan

Rapid Prototyping

Sistem Manufaktur Terpadu

Sistem Poduksi

Teknologi Molding

Material

Bahan Komposit

Korosi dan Pengendaliaannya

Proses Perlakuan Panas

Teknik Pembentukan Material

Teknologi Pengecoran

Teknologi Pengelasan

Teknologi Rekayasa Permukaan

Perancangan Mekanikal dan Otomasi

Metode Elemen Hingga

Teknologi Otomotif

Otomasi & Robotika

Pemodelan sistem Dinamik

Pengaturan Berbasis Komputer

Pesawat Angkat

Sistem  hidrolik & Pnuematik

Semester I

Fisika  I

kalkulus I

Kimia dasar

Konsep Teknologi

Menggambar Teknik

Pengantar Teknik Mesin

Semester II

Fisika  II
Kalkulus II

Material Teknik

Menggambar Mesin

Proses Manufaktur I

Statika Struktur

Semester III

Matematika Teknik I

Mekanika Kekuatan Matrial

Metalurgi Fisik

Proses Manufaktur II

Teknik Tenaga Listrik

Termodinamika

Semester IV

Elemen Mesin I

Mekanika Fluida

Pemilihan Bahan & Proses

Praktikum Proses Manufaktur

Statistik

Semester V

CAD.CAM

Elemen Mesin II

Kinematika dan Dimanika Teknik

Pengukuran tekniK & Metrologi

Perpindahan kalor dan Massa

Prakt. Fenomena dasar mesin

Semester VI

Getaran Mekanis

Mesin-Mesin Konversi Energi

Metode Numerik

Proyek Perancangan Mesin

Sistem Mekatronika

Semester VII

Kerja Praktik

Metodologi Penelitian & Seminar

Teknologi CNC

Semester VIII

Kewirausahaan

Manajemen Industri

Profesi & Etika

Teknologi lingkungan

Kegiatan Akademik

 

 

Yudisium Program Studi Teknik Mesin @untarjakarta pada 29 Januari 2020. Sebanyak 9 orang mahasiswa Prodi Teknik Mesin dinayatakam lulus dalam acara Yudisium Fakultas Teknik. Lulusan menerima Surat Keterangan Lulus dari Dekan FT, Harto Tanujaya Ph.D. hingga diterimanya ijazah dan sudah berhak menggunakan gelar kesarjanaan, Sarjana Teknik (S.T.). Rektor Universitas Tarumanagara, Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan turut memberikan sambutan dan membuka secara resmi acara tersbut.

 

 

 

Selamat kepada Apriianto Halim Putra, S.T., lulusan terbaik Program Studi Teknik Mesin @untarjakarta pada wisuda Universitas Tarumanagara ke-74, dengan IPK 3.78, judul Skripsi "Pengaruh Variasi Temperatur dan Fresh Air terhadap Kenyamanan Udara Ruangan". Minggu, 6 Oktober 2019.

 

Wisuda ke-74 Universitas Tarumanagara, 6 Oktober 2019. Sebanyak 20 lulusan Program Studi Teknik Mesin @mechanical_engineering_untar @untarjakarta diwisuda menjadi Sarjana Teknik. Orasi Wisuda oleh Alumni Untar Agustina (Tina Toon) - Anggota DPRD DKI Jakarta dan Dr. H. Erzaldi Rosman, M.M. (Gubernur Bangka Belitung) serta sambutan dari Ketua LLDIKTI Wilayah III, Dr. Samsuri.


Program Studi Teknik Mesin mengucapkan selamat untuk seluruh wisudawan dan keluarga. Selamat berkarya mengharumkan nama keluarga dan almamater tercinta.

 

 

 

Experential learning method on engineering measurement course: temperature measurement & calibration using Armfield TH1.


Calibration done to several temperature instrument: type K thermocouple, liquid in glass thermometer and bimetal thermometer with PT100 as refference instrument.


Students experienced various lab activity and results form the experiment in measuring temperature with the suitable instrument.

 

 

 

 

Penyambutan mahasiswa baru Program Studi Teknik Mesin tahun akademik 2019/2020 serta pengenalan Sistim Akademik dan pimpinan, dosen serta tenaga kependidikan. Jumat, 9 Agustus 2019.

 

 

 

 

Sebanyak 18 mahasiswa Program Studi Teknik Mesin @untarjakarta, di yudisium pada Yudisum bersama Fakultas Teknik UNTAR pada hari Jumat, 1 Februari 2019.


Pada cara ini juga diserahkan surat Keterangan Lulus Sementara (SKL) yang dapat dipergunakan oleh lulusan , baik untuk melamar pekerjaan maupun registrasi studi lanjut, hingga Ijazah diterbitkan. Seluruh peserta yudisium ini juga akan mengikuti Wisuda mendatang.

 

 

Berita

Program studi teknik mesin UNTAR menerima donasi dari PT. Astra Honda Motor (PT. AHM) pada hari Minggu, 19 Januari 2020 berupa Robot Las dan Engine Cutaway yang akan digunakan sebagai media pembelajaran. Donasi ini merupakan bentuk kerjasma untuk memperat linkage antara Program Studi , dunia industri, serta Alumni serta bentuk kepedulian dari PT. AHM terhadap dunia pendidikan.



Fasilitas 

1. Laboratorium Fisika Dasar



2. Laboratorium CNC



3. Laboratorium Proses Produksi



4. Laboratorium Mekatronika



5. Laboratorium Teknik Tenaga Listrik



6. Laboratorium Prestasi Mesin



7. Laboratorium Fenomena Dasar Mesin



8. Laboratorium Hidrolik dan Pneumatik



9. Laboratorium CAD/CAM



10. Laboratorium Metalurgi Fisik



11. Laboratorium Perpindahan Panas dan Massa

 

 

 

 

Program studi teknik mesin @untarjakarta menerima donasi dari PT. Astra Honda Motor (PT. AHM) pada hari Minggu, 19 Januari 2020 berupa Robot Las dan Engine Cutaway yang akan digunakan sebagai media pembelajaran.


Donasi ini merupakan bentuk kerjasma untuk memperat linkage antara Program Studi, dunia industri, serta Alumni serta bentuk kepedulian dari PT. AHM terhadap dunia pendidikan.

 

 

 

Program Studi Teknik Mesin @mechanical_engineering_untar @untarjakarta aktif berpartisipasi dalam kegiatan Musyawarah Kerja Badan Kerjasama Teknik Mesin (BKS-TM) 2019 yang diselenggarakan oleh Jurusan Teknik Mesin Universitas Trisakti, Jakarta.


Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang dirangkai dengan SNTTM dan LNTRBM dengan tuan rumah bergilir.

 

 

 

Hari Sabtu, 20 Juli 2019. Tim Program Kreativitas Mahasiswa - Penerapan Teknologi (PKM-T) @ristekdikti, Prodi Teknik Mesin

 

 

 

Dosen tetap Program Studi Teknik Mesin @untarjakarta, Dr Steven Darmawan @stevend024 diundang sebagai penguji eksternal pada ujian promosi terbuka Doktor (S3) di Departemen Teknik Mesin Universitas Indonesia, Depok (DTM-FTUI), Bpk Asyari.


Judul disertasi: "Modifikasi bilangan Prandtl kinetik model tubulen k-e untuk meningkatkan ketelitian hasil simulasi aliran kompleks pada fluidized bed".


Hasil ujian menyatakan bahwa promovendus lulus dengan predikat "sangat memuaskan". Selamat kepada Dr. Asyari.

 

 

 

Selamat kepada mahasiswa Program Studi Teknik Mesin @untarjakarta peraih beasiswa pendidikan kategori A, B dan C semester Genap 2018/2019 serta peraih hibah Program Kreativitas Mahasiswa @ristekdikti pendanaan 2019.

 

 

 

Selamat kepada tim gokart Program Studi Teknik Mesin @mert_untar dan tim robotik @roboticsuntar @untarjakarta atas perolehan banyak prestasi bidang non-akademik selama 1 tahun terakhir (Eshark ROK CUP 2018/2019 kelas Shifter 125 Gearbox Mahasiswa dan Nasional, Kontes Robot Indonesia (KRI) 2018, Singapore Robotics Games 2019).


Pengharaan atas prestasi-prestasi tersebut diberikan pada peringatan #hardiknas2019 @ristekdikti di Universitas Tarumanagara oleh Rektor Prof. Dr. Agustinus Purna Irawan, 2 Mei 2019.

Selamat bertanding Tim KRPAI (COSTA V3) dan Tim KRSBI Beroda (ROTA) Unuversitas Tarumanagara pada Kontes Robot Indonesia (KRI) Regional 2 di Institut Teknologi Nasional Bandung, 2-5 Mei 2019.

 

 

Selamat kepada tim dari Program Studi Teknik Mesin @untarjakarta yang berhasil didanai pada Program Kreativitas Mahasiawa (PKM) @ristekdikti skema Penerapan Teknologi.
Tim: Gugun Wiranto, Novin, Andy Mulyono. Pembimbing Dr. M. Sobron Lubis.

Selamat bertanding kepada Robotics Team @untarjakarta pada Kontes Robot Indonesia (KRI) 2019 Reg.2 Divisi KRSBI Humanoid, di Universitas Jendral Soedirman, Purwokerto, 27 April 2019.

 

 

Memenuhi undangan IMI Jawa Barat pada kejuaraan Cirebon Katon Championship 2019 pada 17 Maret 2019, tim gokart Program Studi Teknik Mesin Untar @mert_untar @untarjakarta berhasil meraih Juara I dan II, mengalahkan banyak kontestan lain. Juara I diraih oleh Gugun Wiranto dan Juara II diraih oleh Andi Mulyono, dengan manajer tim Oddhy Stefanus Prihadi. Perlombaan berlangsung di sirkuit jalan raya Cirebon, Jawa Barat.


https://bogor.pojoksatu.id/baca/tim-mert-untar-ungkap-rahasia-jadi-pemenang-cirebon-katon-championship-2019

 

 

Tim ONMIPA Universitas Tarimanagara mengikuti Seleksi tingkat wilayah, di Univ. Pancasila, 26 -27 Maret 2019 "Selamat berjuang" Semoga mendapatkan hasil yang baik.

 

 

 

Tim Gokart Prodi Teknik Mesin @untarjakarta, MeRT Untar @mert_untar kembali meraih hasil yang luar biasa pada kejuaraan Gokart, Eshark ROK Cup 2019, seri II pada hari Minggu, 24 Februari 2019. Untuk perlombaan kelas Gearbox Mahasiswa, Gugun Wiranto, Chandra Budiman dan Andi Mulyono berhasil meraih juara ke-1, 4 dan 5 secara berturut-turut. Sedangkan untuk kelas Shifter Nasional, Gugun Wiranto berhasil meraih juara ke-3.

 

 

Welcoming delegation from Temasek Polytechnic Singapore on January 23, 2019.


They were visiting some of our education facilities, Mechantronics lab, Student Karting workshop (MeRT), and spotting our progress on Eco Vehicle Project.

Glad to guide them, looking forward for the future ahead.

Robotics Team @untarjakarta achieved 1st runner up on Open Category at Singapore Robotics Games 2019, 30-31 January 2019, Science Centre, Singapore. The Untar robotics team is a collaboration team between Mechanical Engineering @teknikmesinuntar, Industrial Engineering, Electrical Engineering and Faculty of Information Technology.


This is a great achievement by the team to facing the Kontes Robot Indonesia 2019.

 

 

 

2019 Culture and Entrepreneurship Winter Program has been held on 23-30 January 2019. This program is a collaboration project between UNTAR - KHUN SAN 大学,located in Tainan, Taiwan. From all delegates from UNTAR, there were two Mechanical Engineering student participated; Vinsensius Michael & Peter Sutikno.

Tim gokart Prodi Teknik Mesin @untarjakarta - MeRT Untar berhasil meraih juara 1 kategori Shifter University (Gugun Wiranto) pada kejuaraan Gokart Eshark ROK Cup seri I, 27 Januari 2018 di Sentul International Karting Circuit. Kejuaraan ini merupakan kegiatan yang rutin diikuti oleh MeRT Untar.

Profil Lulusan Program Studi Teknik Mesin Universitas Tarumanagara

“Teknoprener Inovatif dan Visioner melalui aplikasi-aplikasi Rekayasa pada Perancangan Mekanikal dan Otomasi

 

Mahasiswa & Alumni

Testimoni Alumni, Ade Wijaya Kismarahardja, Ph.D (Angkatan 1998)

Saya bersyukur pernah berkuliah di Program Studi Teknik Mesin Universitas Tarumanagara. Saya memulai perkuliahan di Untar ketika dunia politik Indonesia sedang dalam kondisi yang labil yakni pada tahun 1998. Meskipun demikian, kondisi perkuliahan di Untar tetap dapat berjalan relatif baik. Didukung oleh para pengajar yang berkualitas dan fasilitas pembelajaran yang baik termasuk perpustakaan dan juga laboratorium-laboratorium di dalamnya sangat mendukung dalam proses belajar dan penelitian di Universitas Tarumanagara. Semuanya ini telah memberikan saya sebuah bekal yang cukup untuk menghadapi dunia kerja dan juga dunia pendidikan lanjut setelah sarjana. Setelah menyelesaikan pendidikan S1 di Untar, saya mendapat kesempatan untuk berkuliah di Amerika Serikat untuk menempuh program S3 di bidang zat padat dan saat ini juga tengah mendapat beasiswa untuk mempelajari sifat mekanik dari material dengan menggunakan miksroskop elektron di Sydney University, Australia. Sebagai salah satu lulusannya, saya berharap dan berdoa agar Universitas Tarumanagara tetap mampu menjaga kualitas pendidikannya di masa mendatang serta mampu memberikan sumbangan berarti bagi kemajuan dunia pendidikan serta penelitian di Indonesia. Tetap jaya untuk Universitas Tarumanagara, khususnya Program Studi Teknik Mesin. (Ade Wijaya Kismarahardja, Ph.D).

 

KEGIATAN MAHASISWA DAN ALUMNI

 

 

 

Experiences sharing oleh Alumni di bidang Entrepreneurship dan Profesional pada kegiatan Seminar ILUMTA. Pembicara pertama adalah Bpk Angga Putra Manggala Sunjaya, S.T. (Angkatan 2008, Entrepreneur bidang Passanger Elevator PT. Rajawali Elevator) dan pembicara ke dua adalah Bpk Hadi, S.T. (Angkatan 2005, Bosch Rexroth Indonesia).


Kedua pembicara berpendapat bahwa mahasiswa harus mampu menghasilkan inovasi dengan tetap menerapkan pola pikir kesarjanaan di bidang Teknik Mesin.

 

 

 

 

 

 

 

 

Mahasiswa Mesin Universitas Tarumanagara menyelenggarakan Kontes Modifikasi dan Coaching Clinique Otomotif AUTOMAXX 2020 "Passion Over Perfection" pada tanggal 29 Februari 2020
Sebagai wadah kreativitas bidang otomotif, acara ini dibuka untuk umum. Terdapat total 118 mobil dari berbagai merk, tipe dan jenis modifikasi berpartisipasi dalam kegiatan ini. Coaching Clinique otomotif dengan topik Kendaraan Hybrid diberikan oleh Rmoda.

 

 

gokart Prodi Teknik Mesin Universitas Tarumanagara @untarjakarta @mert_untar kembali meraih podium pada Kejuaraan Gokart Eshark ROK CUP seri VI 2019, 6-8 September 2019. Gugun Wiranto: 1 shifter university, Andi Mulyono meraih juara ke-4 Shifter University dan Chandra Budiman meraih juara ke-5 overall shifter University.


Dari seluruh seri yang diikuti pada tahun 2019, Gugun Wiranto berhasil meraih juara ke-2 Overall shifter university, Andi Mulyono berhasil meraih juara ke-4 Overall Shifter University. Tim MeRT Untar juga medapat juara ke- 2 overall team university.

 

 

    

 

Alumni Program Studi Teknik Mesin, bpk Eldi Chandra. S.T. Hadir untuk untuk menyampaikan kesan & pesan alumni, terutama kaitannya terhadap pekerjaannya saat ini di salah satu brand otomotif dunia pada kegiatan Temu Orang Tua Mahasiswa Baru mahasiswa Fakultas Teknik @untarjakarta. Sabtu, 10 Agustus 2019. Menurut beliau, pengalaman yang diperoleh selama kuliah di Untar, baik akademik dan non-akademik sangat mendukung profesi beliau saat ini.

Pada hari Selasa, 9 Juli 2019, dilakukan Pelantikan dan Serah Terima Jabatan Ketua Organisasi Mahasiswa Ikatan Mahasiswa Mesin Tarumanagara (IMAMTA) @imamta_untar dari ketua periode 2018/2019 (Andryan Kurnia) ke periode 2019/2020 (William Kurnia).

 

Pelantikan dilakukan oleh Dekan FT Untar, Harto Tanujaya, Ph.D. Pada kesempatan yang sama, Ketua Organisasi Badan Eksekutif Mahasiswa dan Dewan Perwakilan Mahasiswa FT @untarjakarta periode baru 2019/2020 juga dilantik, yang juga merupakan mahasiswa Program studi @teknikmesinuntar, yaitu Vincent Kartawidjaja dan Steven Sanjaya.

Serah Terima Jabatan Kepengurusan Tim Robotics UNTAR tahun periode 2018/2019 kepada Kepengurusan Tim Robotics UNTAR tahun periode 2019/2010.


Selamat kepada Ketua Umum,Wakil Ketua Umum dan Ketua Divisi yang terpilih.

Selamat kepada tim gokart Program Studi Teknik Mesin @mert_untar dan tim robotik @roboticsuntar @untarjakarta atas perolehan banyak prestasi bidang non-akademik selama 1 tahun terakhir (Eshark ROK CUP 2018/2019 kelas Shifter 125 Gearbox Mahasiswa dan Nasional, Kontes Robot Indonesia (KRI) 2018, Singapore Robotics Games 2019).


Pengharaan atas prestasi-prestasi tersebut diberikan pada peringatan #hardiknas2019 @ristekdikti di Universitas Tarumanagara oleh Rektor Prof. Dr. Agustinus Purna Irawan, 2 Mei 2019.

Selamat bertanding Tim KRPAI (COSTA V3) dan Tim KRSBI Beroda (ROTA) Unuversitas Tarumanagara pada Kontes Robot Indonesia (KRI) Regional 2 di Institut Teknologi Nasional Bandung, 2-5 Mei 2019

 

 

Latihan Kepemimpinan Ikatan Mahasiswa Mesin Untar (IMAMTA) bertempat di Camp David resort, Cisarua Jawa Barat. Kegiatan berlangsung mulai tanggal 26 - 28 April 2019.

Selamat bertanding kepada Robotics Team @untarjakarta pada Kontes Robot Indonesia (KRI) 2019 Reg.2 Divisi KRSBI Humanoid, di Universitas Jendral Soedirman, Purwokerto, 27 April 2019.

 

 

 

 

Memenuhi undangan IMI Jawa Barat pada kejuaraan Cirebon Katon Championship 2019 pada 17 Maret 2019, tim gokart Program Studi Teknik Mesin Untar @mert_untar @untarjakarta berhasil meraih Juara I dan II, mengalahkan banyak kontestan lain. Juara I diraih oleh Gugun Wiranto dan Juara II diraih oleh Andi Mulyono, dengan manajer tim Oddhy Stefanus Prihadi. Perlombaan berlangsung di sirkuit jalan raya Cirebon, Jawa Barat.


https://bogor.pojoksatu.id/baca/tim-mert-untar-ungkap-rahasia-jadi-pemenang-cirebon-katon-championship-2019

 

 

 

 

 

Ikatan Mahasiswa Mesin Universitas Tarumanagara @imamta_untar memperkenalkan program studi teknik mesin @teknikmesinuntar @untarjakarta ke SMA Pax Patriae, Bekasi, 13 Maret 2018 dalam kegiatan Mechanical Engineering Goes To School. Pada kegiatan tersebut, dilakukan workshop sederhana untuk menghasilkan produk cetakan resin.

 

 

 

 

Tim Gokart Prodi Teknik Mesin @untarjakarta, MeRT Untar @mert_untar kembali meraih hasil yang luar biasa pada kejuaraan Gokart, Eshark ROK Cup 2019, seri II pada hari Minggu, 24 Februari 2019. Untuk perlombaan kelas Gearbox Mahasiswa, Gugun Wiranto, Chandra Budiman dan Andi Mulyono berhasil meraih juara ke-1, 4 dan 5 secara berturut-turut. Sedangkan untuk kelas Shifter Nasional, Gugun Wiranto berhasil meraih juara ke-3.

 

 

 

Robotics Team @untarjakarta achieved 1st runner up on Open Category at Singapore Robotics Games 2019, 30-31 January 2019, Science Centre, Singapore. The Untar robotics team is a collaboration team between Mechanical Engineering @teknikmesinuntar, Industrial Engineering, Electrical Engineering and Faculty of Information Technology.


This is a great achievement by the team to facing the Kontes Robot Indonesia 2019.

 

Tim gokart Prodi Teknik Mesin @untarjakarta - MeRT Untar berhasil meraih juara 1 kategori Shifter University (Gugun Wiranto) pada kejuaraan Gokart Eshark ROK Cup seri I, 27 Januari 2018 di Sentul International Karting Circuit. Kejuaraan ini merupakan kegiatan yang rutin diikuti oleh MeRT Untar.

 

 

 

Tab 7 Content

           FAQ :

  • Email: tm@ft.untar.ac.id
  • IG     : @teknikmesinuntar