• Lomba Shell Eco Marathon Asia – Manila 2015

  • Kunjungan ke P.T. Astra Honda Motor

  • Juara 1 Lomba Gokart

  • Kunjungan ke PLTA Saguling

  • iemc

Sambutan Ketua Program Studi

Peran teknologi sudah semakin mendominasi bagi kebutuhan masyarakat secara luas dan berkelanjutan. Jurusan Teknik Mesin Universitas Tarumanagara yang merupakan institusi pendidikan memiliki komitmen yang jelas dan konsisten untuk turut serta berperan sebagai katalisator peningkatan kemampuan dan keterampilan dibidang teknologi bagi masyarakat. Teknik Mesin Untar merasa bertanggung jawab untuk senantiasa membina putera-puteri terbaik bangsa sejak awal, diantaranya dengan memberikan informasi lengkap dan tepat tentang lembaga ini sehingga dapat dimanfaatkan sebaiknya oleh mereka yang berminat.

Sistem informasi lembaga pendidikan berperan sebagai salah satu instrumen dari pendidikan nasional terletak pada kemudahan memperoleh akses data yang diperlukan. Informasi diberikan dalam website ini merupakan penjelasan tentang struktur  organisasi, staf akademik dan non-akademik, aktifitas akademik dan mahasiswa, bagian keilmuan yang ditawarkan serta jadwal kegiatan akademik terkait, termasuk berbagai fasilitas dan persyaratan yang berlaku. Mudah-mudahan website ini berguna dan dapat memberi informasi dan menjalin komunikasi yang berkelanjutan dengan masyarakat luas.

Visi

Menjadi Program Studi Teknik Mesin yang unggul dalam bidang teknoprener yang memiliki integritas, profesional dan berdaya saing global.

 

Misi

  1. Menyelenggarakan proses pendidikan yang mengacu pada standar internasional dalam bidang teknik mesin yang unggul, berkemampuan wirausaha dan berintegritas.
  2. Menyelenggarakan kegiatan penelitian yang inovatif dibidang teknik mesin yang bermutu dan bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan.
  3. Menyelenggarakan kegiatan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui penerapan hasil penelitian sivitas akademika.
  4. Memperluas jejaring dan kerjasama untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas tridharma perguruan tinggi secara efisien.

 

Tujuan Pendidikan Program Studi Teknik Mesin :

Tujuan Umum :

Menyiapkan peserta didik untuk menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik Teknik  Mesin dalam menerapkan, mengembangkan, dan atau memperkaya khasanah ilmu pengetahuan dan teknologi, serta menyebarluaskan dan mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat.

 

Tujuan Khusus:

Menyiapkan Sarjana Teknik Mesin yang mampu berkarya dalam lingkungan pekerjaan di sektor industri dengan kualifikasi:

  • Berjiwa Pancasila dan memiliki integritas kepribadian yang tinggi.
  • Bersifat terbuka, tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ilmu dan teknologi khususnya pada bidang teknik mesin untuk menjawab tantangan pembangunan global.
  • Memiliki kemampuan serta ketrampilan dasar perancangan dan perencanaan mekanikal termasuk berbagai faktor yang terlibat serta mampu berkomunikasi dengan masyarakat luas.
  • Menguasai prinsip dasar ilmiah serta pengetahuan pada bidang keahliannya sehingga mampu memahami, menjelaskan dan merumuskan cara penyelesaian masalah yang dalam lingkup keahliannya.
  • Memiliki inovasi, inisiatif, berfikir analitis, dan sistematis dalam mengkaji dan menyelesaikan permasalahan serta mengemasnya menjadi informasi yang komunikatif.
  • Memiliki etika, etos kerja, dan jiwa teknoprener sesuai tuntutan serta kebutuhan potensial pasar global serta memiliki kesadaran dan mau melakukan pembelajaran sepanjang hayat, selalu mengembangkan diri dan jejaring untuk meningkatkan ketrampilan di lapangan pekerjaan, mempunyai bekal yang cukup untuk melanjutkan studi pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Profil Lulusan Prodi Teknik Mesin Universitas Tarumanagara

“Teknoprener Inovatif dan Visioner melalui aplikasi-aplikasi Rekayasa pada Perancangan Mekanikal dan Otomasi”

Sejarah Program Studi, Profil Lulusan dan Akreditasi Program Studi

Program Studi Teknik Mesin, Jurusan Teknologi Industri, Fakultas Teknik, Universitas Tarumanagara didirikan pada tanggal 13 Agustus 1981 di Jakarta dengan Surat Keputusan Ijin Operasional dari Koordinator Perguruan Tinggi Swasta Wilayah II No. 10/S/1981 dan mulai menerima mahasiswa baru pada tahun akademik 1981/1982.Dari tahun 1981/1982 Program Studi Teknik Mesin telah melaksanakan beberapa akreditasi yang dilakukan oleh Kopertis III dan Kemendikti dari Ijin Operasional, akreditasi Terdaftar, Diakui sampai Disamakan. Pada tahun 2014 diakreditasi ulang oleh BAN-PT dengan peringkat B (Baik) berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional No. 350/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2014, Tanggal 30 Agustus 2014. Pada tahun 2016, Program Studi Teknik Mesin di reakreditasi oleh BAN-PT. Berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi, Nomor 3824/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2017 tanggal 17 Oktober 2017, Program Studi Teknik Mesin pada Program Sarjana terakreditasi dengan peringkat Akreditasi A (Unggul). Program Studi Teknik Mesin memiliki visi, misi, tujuan dan sasaran yang disesuaikan dengan karakteristik mahasiswa dan pemangku kepentingan yang disertai dengan strategi untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas dan tercapainya tujuan dan sasaran tersebut. Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran Program Studi tersebut merupakan turunan dari Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran Fakultas Teknik dan Universitas Tarumanagara yang diselaraskan dengan Statuta dan Grand Design Strategy (GDS) untuk jangka waktu tahun 2012 – 2025 yang diinisiasi oleh Yayasan Tarumanagara. Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran tersebut mendasari penyusunan Capaian Pembelajaran Lulusan yang diimplementasikan melalui struktur kurikulum.

CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN

Rumusan Sikap

  • Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  • Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika;
  • Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  • Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  • Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  • Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  • Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  • Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  • Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan
  • Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
  • Mampu berkomunikasi secara efektif secara individual maupun dalam tim multi-disiplin atau multi-budaya

Rumusan Keterampilan Umum

  • mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  • mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
  • mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  • menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  • mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  • mampu memelihara dan mengembang-kan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
  • mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
  • mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan
  • mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

Rumusan Keterampilan Khusus

  • Mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi sesuai dengan bidang keahlian secara berkesinambungan.
  • Mampu untuk mengaplikasikan pengetahuan teknik mekanikal dalam konsep yang berhubungan dengan pengetahuan teknik lainnya secara professional, beretika dan terintegrasi dengan wawasan kewirausahaan.
  • Mampu menerapkan, menghasilkan atau mengevaluasi konsep perancangan mekanikal yang terintegrasi dengan teknologi informasi dan kemanusiaan sesuai dengan kebutuhan pemangku kepentingan.
  • Mampu merancang, melaksanakan eksperimen, menganalisis serta menafsirkan data yang diperoleh

Rumusan Pengetahuan

  • Melakukan pembelajaran sepanjang hayat.
  • Memahami prinsip – prinsip mekanikal dalam proses perancangan mekanikal sebagai dasar dari proses rekayasa yang paripurna dan berkesinambungan
  • Memiliki kemampuan profesi dan etika yang terintegarsi pada bidang ilmunya dan pemangku kepentingan.
  • Memiliki kesadaran untuk berkontribusi dalam menerapkan ilmu rekayasa pada masyarakat
  • Memiliki kesadaran untuk berkontribusi dalam menerapkan ilmu rekayasa pada masyarakat

Steven (Converted)

Ketua Program Studi: Dr. Steven Darmawan, S.T, M.T.

NIK 10387042

Sekretaris Program Studi: Dr. Ir. Erwin SIahaan, M.Si.

Abrar

Dr. Abrar Riza, S.T., M.T.

S1 : Universitas Andalas

S2 : Universitas Indonesia

S3 : Universitas Indonesia

Bidang Ilmu : Konversi Energi

 

Agus

Prof. Dr. Agustinus Purna Irawan, S.T., M.T.

S1 : Universitas Gadjah Mada

S2 : Universitas Indonesia

S3 : Universitas Indonesia

Bidang Ilmu : Perancangan Mekanikal dan Otomasi

 

Didi

Didi Widya Utama, S.T., M.T.

S1 : Universitas Tarumanagara

S2 : Universitas Indonesia

Bidang Ilmu : Perancangan Mekanikal dan Otomasi

 

NIK 10387042

Dr. Ir. Erwin Siahaan, M.Si.

S1 : Universitas Tarumanagara

S2 : Universitas Indonesia

S3 : Universitas Indonesia

Bidang Ilmu : Teknologi Material

 

Harto

Harto Tanujaya, S.T., M.T., Ph.D.

S1 : Universitas Tarumanagara

S2 : Universitas Indonesia

S3 : Osaka University

Bidang Ilmu : Konversi Energi

 

Sobron

Dr. Ir. M. Sobron Yamin Lubis, M.Sc.

S1 : Universitas Islam Sumatera Utara

S2 : Universiti Sains Malaysia

S3 : Universiti Sains Malaysia

Bidang Ilmu : Teknologi Manufaktur

 

Rosehan

Ir. Rosehan, M.T.

S1 : Universitas Sriwijaya

S2 : Universitas Indonesia

Bidang Ilmu : Teknologi Manufaktur

 

Sofyan

Dr.(Cand.). Ir. Sofyan Djamil, M.Si.

S1 : Universitas Sriwijaya

S2 : Universitas Indonesia

Bidang Ilmu : Teknologi Manufaktur

 

Steven

Dr. Steven Darmawan, S.T., M.T.

S1 : Universitas Tarumanagara

S2 : Universitas Indonesia

S3 : Universitas Indonesia

Bidang Ilmu : Konversi Energi

 

Agus Halim

Agus Halim, S.T., M.T.

S1 : Universitas Tarumanagara

S2 : Universitas Indonesia

Bidang Ilmu : Perancangan Mekanikal dan Otomasi

sulastini

Sulastini, S.E.

Kasubag. Administrasi

 

karyati

Karyati, S.E.

Kaur. Akademik dan Nilai

 

endro

Endro Wahyono

Kaur. Perkuliahan

 

farida

Farida Ariyanti, S.E.

Kaur. Persuratan

 

marsudi

Marsudi

Laboran

 

Bachrudin

Bachrudin

Laboran

 

siswanto

Siswanto

Laboran

 

kusno

Kusno Aminoto

Administrasi

 

agun

Agun Gunawan

Karyawan Dasar

 

herman

Herman

Karyawan Dasar

Program Studi Teknik Mesin Universitas Tarumanagara menyelenggarakan perkuliahan dengan berbasis pada capaian (Outcome based learning), dimana kurikulum dan mata kuliah disusun berdasarkan Capaian Pembelajara Lulusan. Struktur kurikulum Program Studi Teknik Mesin Jenjang Pendidikan Sarjana (S1) terdiri dari 103 sks kurikulum Inti (nasional) dan antara 41–57 sks kurikulum Institusional (lokal), sehingga secara keseluruhan berjumlah sekurang-kurangnya 144 sks dan sebanyak-banyaknya 160 sks, dengan lama studi selama-lamanya 14 semester. Kurikulum Program Studi Teknik Mesin juga disusun berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia No.8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2015 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

 

A. Peta Kurikulum

Peta Kurikulum Baru

(Klik Gambar Untuk Memperbesar)

DESKRIPSI CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI TEKNIK MESIN UNTAR

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan menjunjung tinggi Pancasila, nilai kemanusiaan, moral, norma dan etika, baik dalam kehidupan berbangsa dan kegiatan akademik untuk meningkatkan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dengan  menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
  2. Melakukan pembelajaran sepanjang hayat.
  3. Menunjukkan sikap dan kinerja mandiri, bermutu, terukur, bertanggungjawab dalam mengimplementasikan pengembangan teknologi secara berkesinambungan serta mampu melakukan evaluasi diri, supervisi atas pekerjaannya secara mandiri dan kelompok di bawahnya yang multi disiplin, multi budaya, taat hukum serta mampu berkomunikasi secara efektif dengan memiliki kepedulian sosial dan lingkungan
  4. Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian berdasarkan hasil analisis data yang sahih dalam bentuk laporan ilmiah, menyimpan, mengamankan, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi atau media lain dengan kaidah, tata cara dan etika ilmiah untuk mengambil keputusan dan mencegah plagiasi
  5. Memahami prinsip – prinsip matematika dan ilmu pengetahuuan alam dan ilmu mekanikal dasar dalam proses perancangan mekanikal sebagai dasar dari proses rekayasa yang paripurna dan berkesinambungan
  6. Mampu menerapkan, menghasilkan atau mengevaluasi konsep perancangan mekanikal yang terintegrasi dengan teknologi informasi dan kemanusiaan sesuai dengan kebutuhan pemangku kepentingan. (applied engineering, automation, social)
  7. Mampu memanfaatkan metode, keterampilan, dan peralatan teknik modern yang diperlukan untuk pekerjaan teknik
  8. Memiliki kemampuan profesi dan etika yang terintegarsi pada bidang ilmunya dan pemangku kepentingan
  9. Mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi sesuai dengan bidang keahlian secara berkesinambungan. (innovative and vision, industry 4.0)
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan dengan menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora dan mengembangkan jejaring.
  11. Mampu untuk mengaplikasikan pengetahuan teknik mekanikal dalam konsep yang berhubungan dengan pengetahuan teknik lainnya secara professional, beretika dan terintegrasi dengan wawasan kewirausahaan. (applied engineering, mechanical design, technopreneur)
  12. Memiliki kesadaran untuk berkontribusi dalam menerapkan ilmu rekayasa pada masyarakat

B. Daftar Mata Kuliah Per-Semester

SEMESTER  I
No Kode

Mata Kuliah

Mata Kuliah

Beban

Sks

1 TM 13001 Fisika I & Praktikum 4
2 TM 13002 Kalkulus I 2
3 TM 12072 Kimia Dasar 2
4 DU 11151 Bahasa Inggris 2
5 TM 12081 Menggambar Teknik 2
6 TM 12311 Konsep Teknologi 2
7 TM12312 Pengantar Teknik Mesin 2
8 TM 12210 Olah Raga 2
Jumlah 18
SEMESTER  II
No Kode

Mata Kuliah

Mata Kuliah

Beban

Sks

1 TM 13003 Fisika II 2
2 TM 12332 Praktikum Fisika II 1
3 TM 13004 Menggambar Mesin 2
4 TM 13005 CAD 2
5 TM 13007 Kalkulus II 2
6 TM 13006 Proses Manufaktur I 2
7 TM 13008 Statika Struktur 2
8 TM 13009 Material Teknik 4
9 DU 11182 Kewirausahaan 2
Jumlah 19
 
SEMESTER  III
No Kode

Mata Kuliah

Mata Kuliah

Beban

Sks

1 DU 11021 Pancasila 2
2 TM 22291 Termodinamika 4
3 TM 23001 Proses Manufaktur II 2
4 TM 12361 Praktikum Material Teknik 1
5 TM 23002 Statistik 2
6 TM 23004 Mekanika Kekuatan Material 4
7 TM 23003 Matematika Teknik I 2
8 TM 23005 Proyek Perancangan Mesin I 2
Jumlah 19

 

SEMESTER  IV
No Kode

Mata Kuliah

Mata Kuliah

Beban

Sks

1 TM 22301 Mekanika Fluida 4
2 TM 23006 Elemen Mesin I 2
3 TM 23007 Integrasi Perancangan dan Manufaktur  Berbasis Komputer 4
4 DU 11081 Bahasa Indonesia 2
5 TM 22321 Praktikum Proses Manufaktur 1
6 TM 23008 Matematika Teknik II 2
7 TM 33111 Teknik Tenaga Listrik 2
8 TM 23009 Pemilihan Bahan dan Proses 2
9 TM 23010 Proyek Perancangan Mesin II 2
Jumlah 21
   
SEMESTER  V
No Kode

Mata Kuliah

Mata Kuliah Beban

Sks

1 TM 32281 Perpindahan Kalor dan Massa 4
2 TM 33001 Pengukuran Teknik dan Metrologi 2
3 TM 32291 Kinematika dan Dinamika Teknik 4
4 DU 1101x Pendidikan Agama 2
5 TM 43111 Sistem Kontrol 2
5 TM 33191 Praktikum Fenomena Dasar Mesin 1
6 TM 33121 Praktikum Teknik Tenaga Listrik 1
7 TM 33002 Elemen Mesin II 2
8 TM 33003 Proyek Perancangan Mesin III 2
Jumlah 20
   
SEMESTER  VI
No Kode

Mata Kuliah

Mata Kuliah Beban

Sks

1 TM 33201 Mesin-mesin Konversi Energi 4
2 DU 11031 Pendidikan Kewarganegaraan 2
3 TM 33007 Otomasi dan Robotika 2
4 TM 33004 Sistem Mekatronika dan Praktikum 4
5 TM 33062 Praktikum Prestasi Mesin 1
6 TM 33043 Getaran Mekanik 2
7 TM 33005 Metode Numerik 4
8 TM 33006 Proyek Perancangan Mesin IV 2
Jumlah 21

 

SEMESTER  VII
No Kode

Mata Kuliah

Mata Kuliah Beban

Sks

1 TM 33181 Teknologi Lingkungan 2
2 TM 43221 Kerja Praktik 2
3 TM 43001 Teknologi CNC 2
4 TM 43201 Metodologi Penelitian & Seminar 2
5  - Pilihan Bebas I 2
6  - Pilihan Wajib Peminatan I 2
Jumlah 12
   
SEMESTER  VIII
No Kode

Mata Kuliah

Mata Kuliah Beban

Sks

1 TM 43101 Manajemen Industri 2
2 TM 43222 Profesi dan Etika 2
3  - Pilihan Bebas II 2
4  - Pilihan Wajib Peminatan II 2
5 TM 43231 Skripsi 6
Jumlah 14

Konversi Energi

Manufaktur

Material

Perancangan Mekanikal dan Otomasi

Semester I

Semester II

Semester III

Semester IV

Semester V

Semester VI

Semester VII

Semester VIII

Program Studi Teknik Mesin Universitas Tarumanagara terakreditasi A (Unggul)

BAN-PT melakukan visitasi pada Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik Universitas Tarumanagara tangggal 3-4 September 2017. Pemeriksaan borang akreditasi dan visitasi membuahkan hasil peringkat Akreditasi Program Studi Teknik Mesin Universitas Tarumanagara dengan nilai A. Selamat untuk seluruh civitas akademika Program Studi Teknik Mesin Universitas Tarumanagara.

Akreditasi A

Kegiatan

SNMI IX 2015

Program Studi  Teknik Mesin bersama dengan Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik Universitas Tarumanagara kembali menyelenggarakan Seminar Nasional bidang Teknik Mesin dan Teknik Industri, yaitu SNMI (Seminar Nasional Mesin dan Industri) X 2016, diselenggarakan bekerja sama dengan Fakultas Teknik Universitas Mahendradata, Bali. SNMI IX 2015 dilaksanakan pada

SNMI X 2016

Program Studi  Teknik Mesin bersama dengan Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik Universitas Tarumanagara kembali menyelenggarakan Seminar Nasional bidang Teknik Mesin dan Teknik Industri, yaitu SNMI (Seminar Nasional Mesin dan Industri) IX 2015, dilaksanakan pada 21-22 April 2016 bertempat di Universitas Tarumanagara Jakarta

SNMI X 2016

SNMI XI 2017

Program Studi Teknik Mesin bersama Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik Universitas Tarumanagara kembali menyelenggarakan Seminar Nasional bidang Teknik Mesin dan Teknik Industri, yaitu SNMI (Seminar Nasional Mesin dan Industri) XI 2017. Bekerja sama dengan Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik Universitas Mataram, Lombok, SNMI XI 2017 dilaksanakan di The Jayakarta Hotel, Lombok pada tanggal 27-29 April 2017. Lebih dari 100 pemakalah dari berbagai institusi di Indonesia berpartisipasi dalam acara ini.

SNMI XI 2017

SNMI XI 2018

Seminar Nasional Mesin dan Industri (SNMI) XI 2018 di Bukittinggi

Seminar Nasional Mesin dan Industri (SNMI) XI 2018 yang diselenggarakan Program Studi Teknik Mesin bersama dengan Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Tarumanagara pada tanggal 27-29 April 2018, bertempat di Hotel Novotel, Bukittinggi Sumatera Barat. Lebih dari 70 pemakalah dari berbagai institusi di Indonesia, baik Perguruan Tinggi dan Praktisi berpartisipasi dalam acara ilmiah dengan bidang ilmu Teknik Mesin dan Teknik Industri ini.

SNMI 2018

Eshark ROK CUP 2017

Tim Gokart UNTAR (MeRT-UNTAR) berhasil memperoleh predikat overall champion untuk kejuaraan Gokart Eshark ROK CUP 2017 kategori gearbox Universitas, atas nama Nikko Adrianus (515130027). Pebalap lain dari tim gokart UNTAR, yaitu Gugun Wiranto (515150025) dan Setfan Hanly Liauganis (515150026) juga berhasil memperoleh piala pada beberapa kategori, yaitu Gearbox Nasional dan Gearbox Universitas dalam kejuaraan gokart seri tersebut.

Go-Kart

Eshark ROK CUP Seri III 2018

Kejuaraan Gokart Eshark ROK CUP seri III 2018, Tim MeRT Untar borong piala

Tim Gokart Program Studi Teknik Mesin UNTAR, Mechanical Engineering Racing Team (MeRT UNTAR) berhasil meraih piala pada kejuaraan gokart Eshark ROK CUP seri III 2017, tanggal 13 Mei 2018 di sirkuit Gokart Sentul, Jawa Barat. Pebalap dari tim MeRT UNTAR yaitu Nikko Adrianus (515140026), Gugun Wiranto (515150025) dan Andi Mulyono (515150003).

Go-Kart 2018

Eshark ROK CUP Seri V 2018

Kejuaraan Gokart Eshark ROK CUP seri V 2018, tim MeRT Untar raih banyak piala

Keikutsertaan Tim Gokart Prodi Teknik Mesin (MeRT UNTAR) pada kejuaraan Gokart Eshark ROK Cup seri V 2018, pada tanggal 5 Agustus 2018 di Sirkuit Sentul menghasilkan piala pada beberapa kategori, yaitu: Gugun Wiranto (515150025), juara 1 kelas Nasional Universitas & juara 2 Nasional Shifter 125, serta Andi Mulyono (515150003) Pendampingan oleh dosen Pembina mahasiswa Prodi Teknik Mesin, Bapak Didi Widya Utama, S.T., M.T.

ROK Cup 2018

Enterpreneurship UNTAR - KHUN SAN University 2018

Program Enterpreneurship UNTAR – KHUN SAN University 2018 di Taiwan, belajar plus jalan-jalan.

Mahasiswa Program Studi Teknik Mesin atas nama Edric Vendrawan (515150013) berpartisipasi  dalam Program Enterprenuerhship UNTAR dan KHUN SAN University, Taiwan pada tanggal 4-11 Februari 2018. Peserta program mendapatkan banyak hal terkait kewirausahaan berskala internasional dalam acara teresebut.

Program Enterpreneurship UNTAR-Khun San University Taiwan, 4-11 Februari 2018

Kontes Robot Indonesia (KRI)

UNTAR Tuan Rumah Kontes Robot Indonesia (KRI) Tingkat Regional II 2018

Program Studi Teknik Mesin Universitas Tarumanagara aktif berpartisipasi pada KRI Tingkat Regional II Tahun 2018 pada tanggal 10-12 Mei 2018 di Universitas Tarumanagara, baik sebagai tuan rumah maupun sebagai peserta. Tim Robot UNTAR berhasil memperoleh juara favorit pada Kontes Robot Pemadam Api pada kegiatan tersebut.

KRI

International Young Inventor Award 2018

Mahasiswa Program Studi Sarjana Teknik Mesin:  Wispowel (515160040), Kevin Suhendra (515160003) dan  Ricko Suanto (515170006) berhasil meraih piagam Bronze pada ajang The 5th International Young Inventors Awards (IYIA) 2018 pada tanggal 19-22 September 2018 di Inna Grand Bali Beach Sanur, Bali. Pada ajang tersebut, tim dari Untar mempromosikan invensi produk mereka yang inovatif dan kreatif dengan nama Automatic Screwjack Using Electric Motor dengan pembimbing Dr. Ir. M. Sobron Yamin Lubis, M.Sc.

Kegiatan ini sangat baik utk diikuti oleh mahasiswa teknik mesin karena dapat menerapkan hasil invensi dan perancangan mekanikal berikut manufakturnya, mendukung karya inovatif dengan jiwa kewirausahaan. Selain itu, karena diselenggarakan secara internasional, mahasiswa mendapat banyak pengalaman berkomunikasi dam mempromosikan karya mereka, kepada peserta dan juri tingkat internasional.

IYIA

Berpose bersama pembimbing dan piagam

IYIA 2

Berpose di depan Booth UNTAR

IYIA 3

IYIA 4

Sesi peniliaian karya oleh Juri dari dalam dan luar negeri

  • SNMI XI 2017 UNTAR-UNRAM

SNMI XI 2017 UNTAR-UNRAM

  • Program Enterpreneurship UNTAR-Khun San University Taiwan, 4-11 Februari 2018

Program Enterpreneurship UNTAR-Khun San University Taiwan, 4-11 Februari 2018

Testimoni Alumni, Ade Wijaya Kismarahardja, Ph.D (Angkatan 1998)

image

Saya bersyukur pernah berkuliah di Program Studi Teknik Mesin Universitas Tarumanagara. Saya memulai perkuliahan di Untar ketika dunia politik Indonesia sedang dalam kondisi yang labil yakni pada tahun 1998. Meskipun demikian, kondisi perkuliahan di Untar tetap dapat berjalan relatif baik. Didukung oleh para pengajar yang berkualitas dan fasilitas pembelajaran yang baik termasuk perpustakaan dan juga laboratorium-laboratorium di dalamnya sangat mendukung dalam proses belajar dan penelitian di Universitas Tarumanagara. Semuanya ini telah memberikan saya sebuah bekal yang cukup untuk menghadapi dunia kerja dan juga dunia pendidikan lanjut setelah sarjana. Setelah menyelesaikan pendidikan S1 di Untar, saya mendapat kesempatan untuk berkuliah di Amerika Serikat untuk menempuh program S3 di bidang zat padat dan saat ini juga tengah mendapat beasiswa untuk mempelajari sifat mekanik dari material dengan menggunakan miksroskop elektron di Sydney University, Australia. Sebagai salah satu lulusannya, saya berharap dan berdoa agar Universitas Tarumanagara tetap mampu menjaga kualitas pendidikannya di masa mendatang serta mampu memberikan sumbangan berarti bagi kemajuan dunia pendidikan serta penelitian di Indonesia. Tetap jaya untuk Universitas Tarumanagara, khususnya Program Studi Teknik Mesin.

(Ade Wijaya Kismarahardja, Ph.D)

1.Laboratorium CNC

CNC

2. Laboratorium Proses Produksi

Laboratorium Proses Produksi

3. Laboratorium Mekatronika

Laboratorium Mekatronika

4. Laboratorium Teknik Tenaga Listrik

Laboratorium Teknik Tenaga Listrik

5. Laboratorium Prestasi Mesin

Laboratorium Prestasi Mesin

6. Laboratorium Fenomena Dasar Mesin

Laboratorium Fenomena Dasar Mesin

7. Laboratorium Hidrolik dan Pneumatik

Laboratorium Hidrolik dan Pneumatik

8. Laboratorium CAD/CAM

Laboratorium CAD-CAM

Laboratorium CAD/CAM menggunakan perangkat lunak Autodesk yang berlisensi

9. Laboratorium Metalurgi Fisik

Laboratorium Metalurgi Fisik

10. Laboratorium Perpindahan Panas dan Massa

Laboratorium Perpindahan Panas dan Massa

image-1

 

Wind Tunnel TecQuipment AF100

Wind Tunnel TecQuipment AF100 yang dapat digunakan oleh Mahasiswa dan Dosen

11. Laboratorium Fisika Dasar

E-mail

Instagram

@teknikmesinuntar

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

clear formSubmit