Industrial Engineering Undergraduate Program

Visi

Menjadi Program Studi Teknik Industri unggul yang menghasilkan sarjana berintegritas, bermartabat, profesional, berkemampuan wirausaha serta berdaya saing global.

Misi

 

  • Menghasilkan lulusan Teknik Industri yang bertakwa, berwawasan kebangsaan, menghargai pluralitas, serta menjunjung tinggi penegakan hukum, moralitas bangsa dan berbudi luhur.
  • Menghasilkan lulusan Teknik Industri yang berintegritas, professional, mampu berinovasi dan berwirausaha melalui proses pembelajaran yang mengacu pada standar nasional dan internasional.
  • Mengembangkan dan menghasilkan ilmu pengetahuan, teknologi bidang Teknik Industri yang bermanfaat bagi peningkatan kualitas hidup masyarakat, bangsa dan negara melalui kegiatan penelitian dan pengabdian.
  • Menghasilkan kerjasama dan jejaring dengan industri, asosiasi profesi, pemerintahan, perguruan tinggi dalam dan luar negeri untuk peningkatan mutu tridharma perguruan tinggi.


Profil Lulusan

Kekhasan dari Teknik Industri Universitas Tarumanagara adalah menghasilkan calon wirausahawan yang berintegritas, profesional, dan mampu melakukan kegiatan inovasi dengan menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan teknik industri atau dengan kata lain disebut Innovative and Entrepreneurial Industrial Engineer, yang diharapkan memiliki profil lulusan:

  1. Memiliki kepribadian yang bertakwa, berwawasan kebangsaan, menghargai pluralitas, serta menjunjung tinggi penegakan hukum, moralitas bangsa dan berbudi luhur
  2. Menguasai dasar-dasar ilmiah dan ketrampilan dalam bidang teknik industri sehingga mampu menemukan, memahami, menjelaskan, dan merumuskan cara penyelesaian masalah keteknik-industrian.
  3. Mampu melakukan kegiatan inovasi dan kewirausahaan dengan menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan keteknik-industrian.
  4. Mampu bersikap dan berperilaku dalam membawakan diri berkarya di bidang keahlian teknik industri maupun dalam berkehidupan bersama di masyarakat.
  5. Mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang teknik industri.


Prestasi

Prestasi :

  1. Juri Kontes Mobil Hemat Energi 2016
  2. Juri Lomba ON MIPA Nasional
  3. Reviewer Penelitian Internal Untar

Prestasi Akademik:

  1. Juara II KRPAI Berkaki Tingkat Nasional 2013
  2. Juara II dan Desain terbaik KRI 2014
  3. Juara I dan Favorit Leadership Club Challange UBAYA 2014
  4. FInalis Lomba Shell Eco Marathon Asia 2015
  5. Juara I KRPAI Berkaki KRI 2015
  6. Juara I dan III Lomba Teknik Industri “Innovation for Better Indonesia

Prestasi Non-Akademik:

  1. Top 8 Best Talent Koko Cici Jakarta 2016
  2. Juara I Reguler Senior C Open Jujitsu Championship 2015
  3. Juara II Putra Kejuaran Bandung Submission Challenge 2015
  4. Juara I Kejuaraan Jujitsu Universitas Airlangga 2015
  5. Juara I dan Atlet Terbaik Kejuaran Jujitsu Nasional KMI Iskawa Soetopo 2016
  6. Juara II Kejuaraan Pekan Olahraga Kota Jakarta Utara 2014
  7. Juara II Kejuaraan Judo Pekan Olahraga Provinsi DKI Jakarta 2013
  8. Juara I Reguler Senior C Open Jujitsu Championship 2015


Struktur Kurikulum

Mengacu pada UU No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, Perpres No. 8 Tahun 2012 tentang KKNI, dan Permenristekdikti No. 44 Tahun 2015 tentang SN-Dikti serta Kurikulum Inti Sarjana Teknik Industri Nasional yang disusun oleh Badan Koordinasi Penyelenggara Pendidikan Tinggi Teknik Industri Indonesia (BKSTI), Struktur Kurikulum Operasional Program Studi Teknik Industri Jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Tarumanagara meliputi:

1)      Mata Kuliah Pengetahuan Umum                          : 12 sks

2)      Mata Kuliah Ilmu Sosial dan Manajemen               : 12 sks

3)      Mata Kuliah Sains Dasar dan Sains Keteknikan    : 18 sks

4)      Mata Kuliah Matematika dan Statistika                   : 15 sks

5)      Mata Kuliah Sains Teknik Industri                          : 49 sks

6)      Mata Kuliah Perancangan Teknik Industri              : 38 sks

Total beban studi berjumlah 144 sks, dengan mengacu pada Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 232/U/2000 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa, terdiri dari  kelompok:

  1. Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK)    : 12 sks
  2. Mata Kuliah Keilmuan dan Ketrampilan (MKK)        : 60 sks
  3. Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB)                     : 62 sks
  4. Mata Kuliah Perilaku Berkarya (MPB)                      : 6 sks
  5. Mata Kuliah Berkehidupan Berkarya (MBB)            : 4 sks


Konsentrasi Keilmuan

Program Studi Teknik Industri Jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Tarumanagara mempunyai dua (2) konsentrasi keilmuan, yaitu:

  • Ergonomi dan Sistem Manufaktur, konsentrasi keilmuan ini meliputi: work design and measurement, ergonomics and human factor, product design, sistem produksi, perencanaan dan pengendalian produksi, pemodelan sistem (manufaktur), perancangan tata letak fasilitas, dan keselamatan dan kesehatan kerja.
  • Manajemen dan Sistem Industri, konsentrasi keilmuan ini meliputi: ekonomi teknik, manajemen & rekayasa kualitas, manajemen perawatan, supply chain engineering and logistics, manajemen keputusan, analisis kebijakan industri, operational research, manajemen strategis /performance appraisal, manajemen SDM, sistem Informasi manajemen dan sistem pakar.


Prospek Karir

  • Industrial Engineer, Production & Inventory Planner, Industrial Product Designer, QC & QA Engineer, Maintenance Planner & Specialist, Project Specialist, Production Specialist, Logistic & Supply Chain Engineer, Industry & Bussiness System Developer, Consultant, Lecturer, Researcher, Manager, Entrepreneur, dan lain sebagainya.


Prasyarat Mata Kuliah         

Untuk beberapa mata kuliah diberlakukan aturan prasyarat sebagai berikut:

  1. SKRIPSI, telah memperoleh 130 sks dengan IPK ≥ 2,00.
  2. KERJA PRAKTIK, telah memperoleh 110 sks dengan IPK ≥ 2,00.
  3. PPI I telah atau sedang mengambil Mata kuliah Perancangan dan Pengembangan Produk, dan Mata Kuliah Ergonomi & Praktikum.
  4. PPI II telah lulus Mata Kuliah PPI I dan telah atau sedang mengambil Mata Kuliah Proses Manufaktur, Perancangan Sistem Kerja & Praktikum, dan Perencanaan & Pengendalian Produksi.
  5. PPI III telah lulus Mata Kuliah PPI II dan telah atau sedang mengambil Mata Kuliah Ekonomi Teknik, Sistem Produksi, dan Perancangan Tata Letak Fasilitas.
  6. PPI IV telah lulus Mata Kuliah PPI III.


Capaian Pembelajaran Lulusan

Capaian Pembelajaran Lulusan dibuat sesuai KKNI dan SN Dikti yang terdiri dari 4 unsur yaitu:

  1. Sikap (dibuat minimal sesuai KKNI dan SN DIKTI, dan boleh ditambahkan oleh Prodi)
  2. Pengetahuan (dibuat oleh masing-masing Prodi)
  3. Keterampilan Umum (dibuat minimal sesuai Permenristek Dikti No.44 Tahun 2015, dan boleh ditambahkan oleh Prodi)
  4. Keterampilan Khusus (dibuat oleh masing-masing Prodi, disampaikan keunggulan Prodinya)

 

SIKAP (Sesuai KKNI dan SN DIKTI):

S.1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

S.2. Memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya.

S.3. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air serta mendukung perdamaian dunia.

S.4. Mampu bekerjasama dalam suatu tim lintas bidang dan memiliki kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungan.

S.5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat atau temuan original orang lain.

S.6. Menjunjung tinggi penegakan hukum serta memiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan bangsa serta masyarakat luas.

S.7. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila.

S.8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.

S.9. Menunjukkan sikap tanggungjawab atas pekerjaan dibidang keahliannya secara mandiri.

S.10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

 

KETERAMPILAN UMUM (Sesuai Permenristek Dikti No.44 Tahun 2015):

KU.1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.

KU.3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.

KU.4.  Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.

KU.5.  Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.

KU.6.  Mampu memelihara dan mengembang-kan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.

KU.7.  Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya.

KU.8.  Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.

KU.9.  Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

 

PENGETAHUAN (Pengetahuan Lulusan mengacu pada CPL yang dirumuskan oleh BKSTI):

P.1.

Menguasai konsep teoretis sains alam, aplikasi matematika rekayasa; prinsip-prinsip rekayasa (engineering fundamentals), sains rekayasa dan perancangan rekayasa yang diperlukan untuk analisis dan perancangan sistem terintegrasi

P.2.

Menguasai prinsip dan teknik perancangan sistem terintegrasi dengan pendekatan sistem

P.3.

Menguasai pengetahuan tentang teknik komunikasi dan perkembangan teknologi terbaru dan terkini

P.4.

Menguasai prinsip dan issue terkini dalam ekonomi, sosial, ekologi secara umum

P.5.

Mampu menerapkan matematika, sains, dan prinsip rekayasa (engineering principles) untuk menyelesaikan masalah rekayasa kompleks pada sistem terintegrasi (meliputi manusia, material, peralatan, energi, dan informasi)

P.6.

Mampu mengidentifikasi, memformulasikan dan menganalisis masalah rekayasa kompleks pada sistem terintegrasi berdasarkan pendekatan analitik, komputasional atau eksperimental

P.7.

Mampu merumuskan solusi untuk masalah rekayasa kompleks pada sistem terintegrasi dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, kultural, sosial dan lingkungan (environmental consideration)

P.8.

Mampu merancang sistem terintegrasi sesuai standar teknis, keselamatan dan kesehatan lingkungan yang berlaku dengan mempertimbangkan aspek kinerja dan keandalan, kemudahan penerapan dan keberlanjutan, serta memperhatikan faktor-faktor ekonomi, sosial, dan kultural

P.9.

Mampu meneliti dan menyelidiki masalah rekayasa kompleks pada sistem terintegrasi menggunakan dasar prinsip-prinsip rekayasa dan dengan melaksanakan riset, analisis, interpretasi data dan sintesa informasi untuk memberikan solusi 

P.10.

Mampu memilih sumberdaya dan memanfaatkan perangkat perancangan dan analisis rekayasa berbasis teknologi informasi dan komputasi yang sesuai untuk melakukan aktivitas rekayasa

P.11.

Mampu melakukan komunikasi secara tertulis maupun lisan yang efektif

P.12.

Memahami tanggung jawab profesi dan aspek etikal keprofesian

P.13.

Mampu mengenali kebutuhan, dan mengelola pembelajaran diri seumur hidup

P.14.

Mampu melakukan kerjasama dalam sebuah kelompok kerja

 

KETERAMPILAN KHUSUS (Keunggulan Prodi dapat ditunjukan dalam Keterampilan Khusus):

KK.1.  Mampu melakukan rangkaian kegiatan inovasi dan kewirausahaan.